Tanpa Lukaku, Mourinho Terapkan Formasi 4-3-3 untuk United

Published: Tuesday, January 2, 2018
Terpaksa atau memang sengaja, pelatih Manchester United Jose Mourinho menerapkan formasi 4-3-3 saat melawan tuan rumah Everton di laga awal tahun 2018.

Dengan formasi tak biasa itu, United menang 2-0 di laga pekan ke-22 Liga Inggris itu sekaligus memutus rentetan tiga hasil imbang di laga sebelumnya.

Biasanya, Mourinho memainkan skema 4-2-3-1 dengan menempatkan Romelu Lukaku sebagai penyerang tunggal, didukung tiga gelandang serang dan dua gelandang bertahan.

Namun, saat melawat ke Goodison Park, Senin (1/1/2018) waktu setempat, MU memainkan skema 4-3-3 dengan menempatkan trio Jesse Lingard, Anthony Martial, dan Juan Mata di lini depan.

Lini tengah diisi trio Ander Herrera, Nemanja Matic, dan Paul Pogba. Lini belakang tidak mengalami perubahan dengan empat bek sejajar.

Dilansir Independent, justru dengan formasi 4-3-3 Mourinho bisa memainkan para pemain di posisi terbaiknya, terutama Paul Pogba yang mampu menunjukkan kualitasnya dan menjadi "man of the match".


Mourinho memang tidak punya banyak pilihan dengan cederanya dua strikernya, Lukaku dan Ibrahimovic. Martial dan Rashford sudah terbiasa dimainkan sebagai winger atau penyerang sayap.

Mourinho pun "terpaksa" memainkan 4-3-3, bukan formasi yang biasa diterapkan 4-2-3-1. Namun, justru dengan formasi 4-3-3 Pogba bisa menunjukkan permainan terbaiknya. 

Hasil imbang melawan Leicester City, Burnley, dan Southampton di laga sebelumnya, ditambah cedera para striker, membuat Mourinho mengubah strategi dengan memilih 4-3-3.

Formasi itu kemungkinan tetap dimainkan Mourinho, setidaknya hingga Lukaku dan Ibrahimovic pulih dari cederanya, kecuali sang pelatih menyadari formasi 4-3-3 menjadi yang terbaik bagi skuat Setan Merah saat ini.

Everton vs Man United 0-2 Highlights

Thanks for reading Tanpa Lukaku, Mourinho Terapkan Formasi 4-3-3 untuk United. Tags:

Next Post
« Prev Post
Previous Post
Next Post »

Related Posts

Your Comments

No Spam, Please...!