Sejarah Boxing Day Liga Inggris

Published: Wednesday, December 13, 2017
Sejarah Boxing Day Liga Inggris
Sejarah Boxing Day Liga Inggris 26 Desember - Hadiah Natal bagi Fans Tim Sepakbola.

BOXING DAY adalah sebutan bagi hari digelarnya pertandingan sepakbola Liga Inggris pada 26 Desember atau sehari setelah Natal.

Sejarah mencatat, istilah Boxing Day mulai populer sekitar abad ke-19 ketika Britania Raya masih dalam kekuasaan Ratu Victoria.

Perayaan Boxing Day awalnya dibuat sebagai apresiasi kepada masyarakat dari kasta rendah yang sudah melayani tuannya selama setahun penuh, bahkan pada hari Natal, yang biasanya dijadikan waktu berkumpul bersama keluarga.

Bentuk apresiasi tersebut berupa kotak (box) yang berisi berbagai hadiah, serta jatah libur pada 26 Desember, satu hari setelah Natal.

Pemberian kotak-kotak hadiah itulah yang memunculkan istilah Boxing Day dalam sejarah masyarakat Inggris.

Laga pertama Boxing Day di Liga Inggris terjadi 26 Desember 1860 antara Sheffield FC vs Hallam FC di Sandygate Road.

Saat hampir semua kompetisi di Eropa libur untuk merayakan Natal dan Tahun Baru, Premier League justru tetap menggelar pertandingan.

Dilansir worldsoccer.about, istilah Boxing Day pertama kali dikenal pada abad ke-19, saat Inggris Raya berada di bawah pemerintahan Ratu Victoria.

Boxing Day dirayakan oleh mereka yang merupakan pekerja golongan bawah atau orang-orang kurang mampu di Inggris Raya.

Perayaan itu untuk menghargai mereka yang tetap bekerja pada Hari Natal, yang kemudian keesokannya mendapat libur untuk menerima berbagai macam hadiah dalam bentuk kotak kado (boxes) dari para majikan, sehingga orang-orang kemudian menyebutnya dengan Boxing Day.

Tradisi Boxing Day di Inggris tetap dipertahankan sampai sekarang, termasuk menetapkan hari libur pada 26 Desember. Tapi, toko-toko tetap buka demi menjual barang-barang hadiah dengan harga diskon.

Dalam sepakbola, tradisi Boxing Day juga digelar, walaupun tidak memberikan hadiah, pertandingan sengaja digelar pada 26 Desember untuk menghibur para pekerja yang tetap masuk di Hari Natal.

Klub-klub Premier League juga bertekad memenangkan laga Boxing Day untuk memberikan hadiah bagi suporter mereka. 

Klub-klub besar yang akan bertanding pada Boxing Day tahun ini adalah Manchester United, Chelsea, dan Tottenham Hotspur.

United menjamu Burnley di Old Trafford. Chelsea menghadapi Brighton & Hove Albion di Stamford Bridge. Tottenham Hotspur vs Southampton di Wembley menjadi laga perdana Boxing Day 2017.

Jadwal Boxing Day Liga Inggris 26 Desember 2017

19:30 WIB Tottenham Hotspur vs Southampton
22:00 WIB AFC Bournemouth vs West Ham United
22:00 WIB Chelsea vs Brighton & Hove Albion
22:00 WIB Huddersfield Town vs Stoke City
22:00 WIB Manchester United vs Burnley
22:00 WIB Watford vs Leicester City
22:00 WIB West Bromwich Albion vs Everton

Thanks for reading Sejarah Boxing Day Liga Inggris. Tags:

Next Post
« Prev Post
Previous Post
Next Post »

Related Posts

Your Comments

No Spam, Please...!