Pelatih Persib Mario Gomez: Lini Belakang Sektor Terpenting dalam Sepakbola

Published: Friday, December 29, 2017
Pelatih Persib Mario Gomez: Lini Belakang Sektor Terpenting dalam Sepakbola
Pelatih baru Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez, merekrut banyak pemain belakang untuk musim 2018. Setelah merekrut Victor Igbonefo, Gomez merekrut bek asing asal Serbia, Bojan Malisic.

Bahkan, pemain asing asal Asia yang akan direkrut menggantikan Shohei Matsunaga juga berposisi sebagai pemain belakang.

Gomez juga merekrut dua pemain belakang dari Persib U-19, Indra Mustafa, plus kiper muda Aqil Savik.

Dengan demikian, untuk musim 2018, lini belakang Persib diperkuat 7 pemain belakang, yakni Achmad Jufriyanto, Tony Sucipto, Supardi Natsir, Wildansyah, Henhen Herdiana, Indra Mustafa, dan pemain Asia/Australia yang akan gabung Januari 2018.

Menurut Gomez, sektor yang paling penting dalam taktik sepakbola adalah pertahanan.

"Lini belakang adalah sektor paling penting. Dari situ Anda baru bisa membangun permainan. Sekalipun lini depan Anda bagus, Anda takkan bisa meraih hasil positif," ujar pelatih asal Argentina ini dalam wawancara eksklusif dengan Goal Indonesia.

"Real Madrid, Barcelona, mereka dikenal karena permainan ofensifnya. Tapi mereka bisa seperti itu karena punya fondasi pertahanan kuat. Ketika lini pertahanan sudah bagus, Anda bisa melakukan apa pun," imbuhnya.

Pelatih yang sukses bersama klub terbaik Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT), pada 2015 hingga 2017 ini juga mengemukakan target pemain di bursa transfer.

Saat ini Persib Bandung punya tiga pemain asing, yakni Michael Essien dan Ezechiel N'Douassel yang bergabung sejak Liga 1 2017 dan bek baru asal Serbia, Bojan Malisic.

"Saya pernah bekerja dengannya (Bojan) di South China (Hong Kong), dua tahun yang lalu. Kami butuh satu pemain lagi, seorang pemain dari Asia. Tapi kami belum tahu siapa yang akan kami boyong. Posisi apa? Kami sedang memikirkannya. Kami belum membeli pemain ini karena kami harus bisa memastikan lebih dulu posisi mana yang kami butuhkan," jelas Gomez.

Ia juga menjelaskan perekrutan Patrich Wanggai, Eka Ramdani, dan Airlangga Sucipto yang banyak dikritik karea ketiga pemain itu dianggap sudah lewat dari usia emas.

"Tergantung. Kami percaya mereka bagus untuk tim. Itu yang terpenting Orang-orang mungkin tidak bahagia, tapi kondisi ini normal. Saya bilang mereka adalah pemain berpengalaman. Usia tua menurut saya tak jadi faktor krusial dalam sepakbola. Terpenting adalah pemain itu punya sikap, karakteristik, dan hasrat dalam bermain sepakbola," jelasnya.

Gomez mencontogkan pemain tua seperti Gianluigi Buffon (Juventus), Paolo Maldini (Milan), dan Javier Zanetti (Inter).

Mengenai alasan tidak bertahan di JDT Malaysia, Gomez mengatakan, kontraknya habis dan butuh tantangan di tempat lain.

Gomez juga mengungkapkan skema permainannya yang fokus ke hasil, yaitu "Win!" (Menang!).

"Hanya itu. Apa pun gaya bermainnya mau hitam, putih, coklat, kuning, yang terpenting adalah menang. Lebih penting lagi, jangan kalah. Menang 1-0 itu oke. Menang ½-0 juga oke," katanya.*

Thanks for reading Pelatih Persib Mario Gomez: Lini Belakang Sektor Terpenting dalam Sepakbola. Tags:

Next Post
« Prev Post
Previous Post
Next Post »

Related Posts

Your Comments

No Spam, Please...!