Home » » Daftar Istilah MotoGP: Pole Position, FP, Q, Red Flag, Pit, Crash, Green Flag

Daftar Istilah MotoGP: Pole Position, FP, Q, Red Flag, Pit, Crash, Green Flag

Daftar Istilah MotoGP: Pole Position, FP, Q, Red Flag, Pit, Crash, Green Flag

Daftar Istilah MotoGP
Daftar Istilah MotoGP: Pole Position, FP, Q, Red Flag, Pit, Crash, Green Flag

DI balapan MotoGP ada banyak istilah yang harus dipahami para penggemar balapan sepedamotor kelas tertinggi ini.

Pemahaman istilah MotoGP diawali dengan singkatan dari MotoGP sendiri, yakni singkatan dari Motorsport Grand Prix atau Gran Prix Sepeda Motor.

Istilah penting sebelum race (balapan) MotoGP adalah sesi latihan bebas (free practice), kualifikasi, dan pole position. Selama race berlangsung, ada istilah yang paling ditakuti para pebalap, yakni crash dan stop & go penalty.

Daftar Istilah MotoGP

MotoGP
MotoGP adalah singkatan dari Motorcycle Grand Prix. Bahasa Indonesianya adalah Grand Prix Sepeda Motor.

Kita lebih akrab atau lebih sering dengan menyebutnya MotoGP (baca: moto jipi) atau GP (jipi), namun jika hanya GP saja identik dengan balap mobil Formula One (F1).

Secara umum, Grand Prix adalah istilah yang digunakan untuk kompetisi internasional level tertinggi. Selain lomba balap sepeda motor dan mobil Formila 1, istilah GP juga digunakan oleh balapan lainnya, baik open wheeler maupun non open wheeler seperti A1, CART, dan NASCAR. (Wikipedia).

MotoGP adalah singkatan dari Motorcycle Grand Prix. MotoGP merupakan level balapan sepeda motor kelas tertinggi (utama).

Rider
Pebalap. Orang yang berprofesi dalam olahraga balapan MotoGP.

Dry Race
Balapan yang dinyatakan kering oleh Race Direction. Pembalap menggunakan ban slick.

Wet Race
Balapan yang berlangsung dalam kondisi trek basah karena hujan, kebalikan dari Dry Race.

Crash
Istilah untuk menyebut pebalap yang jatuh atau tabrakan dengan rider lain.

FIM
The Fédération Internationale de Motorcyclisme adalah badan yang mengatur semua olahraga motor di seluruh dunia.

Grid - Starting Grid
Kumpulan titik start pada trek lurus start/finish sirkuit, dimana pembalap berkumpul pada permulaan setiap balapan. Berbaris sesuai dengan hasil kualifikasi mereka untuk memulai balapan. Tiap grid terdiri dari tiga pebalap.

Low Side
Kecelakaan akibat salah satu atau kedua ban motor kehilangan daya cengkeram dan tidak bisa kembali mendapatkan traksi yang mengakibatkan motor tergelincir dari bawah pembalap.

Lean Angle (Sudut Tikungan)
Adalah sudut kemiringan antara pembalap dengan garis vertikal. Hal ini terjadi saat pembalap merebahkan motornya ke arah trek pada suatu tikungan dengan kecepatan tinggi. Lutut dan siku pembalap sering menyentuh permukaan aspal ketika berada pada sudut tikungan maksimum.

Pit-box
Garasi sementara yang memiliki akses langsung menuju pit lane dan didesain untuk suatu tim yang berpartisipasi pada salah satu dari tiga kelas MotoGP.

Pit Crew
Manajemen tim, mekanik, dan asisten mereka.

Pit Lane
Lajur akses yang biasanya berbatasan dengan main straight pada sirkuit dan berada di antara pit-box dan sirkuit.

Podium
Tempat perayaan kemenangan bagi ketiga pembalap tercepat pertama yang menyelesaikan balapan Grand Prix.

Pole Position atau Pole
Posisi mulai awal untuk balapan yang diperoleh dengan mencatatkan waktu tercepat pada sesi kualifikasi. Peraih Pole Position berhak memulai balapan di posisi terdepan.

Qualifying (Kualifikasi)
Biasa disingkat Q. Sesi kualifikasi adalah sesi para pebalap MotoGP berlomba mencatat waktu tercepat dalam satu putaran trek. Hasil kualifikasi akan menentukan posisi grid start balapan. Pebalap tercepat akan mendapatkan posisi terdepan (pole position).

Selain sesi balapan, kualifikasi adalah sesi terpenting karena menentukan posisi start. Sesi kualifikasi dibagi menjadi dua kelompok, yakni Kualifikasi 1 (Q1) dan Kualifikiasi 2 (Q2).

Q1 diikuti pebalap yang mencatat waktu di luar 10 besar selama sesi latihan bebas pertama, kedua, dan ketiga (Kombinasi FP1, FP2, FP3).

Q2 diikuti 10 pebalap yang mencatat waktu tercepat di 10 besar sesi latihan bebas pertama hingga ketiga ditambah dua pebalap tercepat akan masuk ke kelompok Q2. Jadi, peserta Q2 akan memperebutkan pole position, minimal meraih posisi start ke-12.

Race Direction
Tim yang terdiri dari perwakilan dari Dorna, FIM, dan IRTA pada setiap Grand Prix untuk mengambil keputusan seperti menyatakan apakah kondisi balapan kering atau basah.

Ride Through
Prosedur penalti dimana pembalap yang melakukan jump start sebelum balapan secara resmi dimulai diminta untuk berkendara melalui jalur pit.

Rookie
Pebalap yang berkompetisi pada tahun pertamanya di kelas mana pun alias pebalap yang baru balapan di kelas tertentu.

Rostrum
Istilah lain untuk podium.

Wheelie
Akrobat yang biasanya dipertunjukkan oleh pembalap dalam perayaan, dimana ban depan terangkat dari permukaan trek karena akselerasi keras dan melepaskan kopling dengan cepat.

Wild Cards
Pebalap nonkontrak yang mengikuti balapan pada saat tertentu saja, berlawanan dengan kompetitor tetap.

Free Practice (FP)
Sesi latihan bebas. Biasa digelar sehari sebelum babak kualifikasi. Terdiri dari Latihan Bebas Pertama hingga Keempat atau disingkat FP1, FP2, FP3, FP4.

Warm Up
Sesi pemanasan. Digelar beberapa jam sebelum race atau balapan dilaksanakan.

Warm Up Lap
Sesi pemanasan yang dilakukan satu putaran (satu lap) sebelum start atau dimulai balapan.

Tribun
Tempat duduk dengan posisi seperti sawah terasering. Lokasinya di pinggiran sirkuit. Tempat ini disediakan buat penonton yang ingin melihat balapan. Di tempat ini juga biasanya tamu dan undangan melihat jalannya lomba.

Jump Start
Sebuah pelanggaran. Pebalap mulai melajukan kendaraannya sebelum lampu merah dipadamkan lampu hijau dihidupkan (curi start).

Stop and Go Penalty
Pelanggaran yang menyebabkan pebalap harus masuk pitlane dan berhenti beberapa detik.

Black Flag - Bendera Hitam
Bendera Hitam. Selain merupakan tanda bendera, black flag juga merupakan jenis hukuman untuk pebalap yang mengharuskan pebalap tersebut keluar alias diskualifikasi.

Red Flag - Bendera Merah
Bendera Merah adalah tanda bahwa race (balapan) dihentikan karena alasan tertentu, misalnya cuaca memburuk atau lintasan berbahaya bagi pebalap. Bendera merah juga dikibarkan karena alasan teknis dan non-teknis.

Green Flag
Bendera Hijau. Tanda track aman. Bendera ini biasanya dikibarkan saat free practice atau latihan bebas dan sesi pemanasan (warm up).

Bendera Kotak Hitam Putih
Bendera yang dikibarkan di akhir balapan atau akhir lap. Bendera ini sebagai penanda bahwa race telah selesai.

R
Berasal dari kata Radius untuk menyebut tikungan di trek balapan. R1, R2, dst maksudnya tikungan 1, tikungan 2, dst.

Straight
Straight berarti lurus. Ini merupakan sebutan untuk track lurus.

Paddock Area
Area tempat para pelaku balap berada. Dari pebalap, mekanik, manajer, dll. yang terlibat dengan sebuah tim balap. Di sinilah strategi dan settingan motor dirancang.

Demikian Daftar Istilah MotoGP.

0 komentar:

Post a Comment