Persib Bandung Tidak Bersalah Mainkan Essien dan Cole

Wednesday, April 19, 2017 | Follow @sepakbola_magz | Join us on Facebook

Persib Bandung Tidak Bersalah Mainkan Essien dan Cole
Sepakbola Magz -- Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar menyatakan, pihaknya tidak melakukan kesalahan apa pun terkait dimainkannya Michael Essien dan Carlton Cole dalam laga pembuka Liga 1 2017 melawan Arema FC akhir pekan kemarin, kendati belum memiliki kartu izin tinggal terbatas (KITAS).

Dimainkannya Essien dan Cole di laga itu membuat Badan Olahraga Profesional (BOPI) berencana melayangkan surat teguran kepada operator Liga 1 2017, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Umuh menegaskan, Persib tidak akan memainkan Essien dan Cole jika tak mendapat lampu hijau dari PT LIB dan PSSI. Umuh mengakui, penyelesaian KITAS kedua pemain itu masih dalam proses.

"Tegurnya jangan ke Persib, tapi ke PSSI, karena kami sudah sesuai dengan aturan [rekomendasi PT LIB dan PSSI], walaupun sekarang suratnya belum turun,” kata Umuh dikutip laman Simamaung.

"Harusnya juga yang tegur imigrasi. Imigrasinya juga tanya baik-baik ke kami sudah sesuai dengan aturan. Sekarang saya jawab, saya sudah membuat surat, tapi belum ada jawaban sampai saat ini. Prosedur sudah ditempuh dari pihak PSSI, tidak ada masalah, ya saya jalan saja.” terangnya.

Sebelumnya, Sekretaris Tim Persib Bandung, Yudiana, menegaskan, manajemen Persib (PT Persib Bandung Bermartabat) telah menempuh prosedur untuk mendapat KITAS Essien dan Cole. Namun, BOPI belum mengeluarkan surat rekomendasi.

"Kami sebenarnya mau mengajuhkan ke Kementerian Tenaga Kerja, tapi harus ada rekomendasi dari PSSI. Itu sudah kami tempuh dan sudah keluar. Setelah itu, Persib menindaklanjuti ke BOPI untuk minta rekomendasi juga, tapi sampai saat ini BOPI belum keluarkan juga," kata Yudiana.

Surat itu pun, lanjut Yudiana, hingga saat ini masih ada di Ketua Umum BOPI dan tim verifikasi. "Jadi kami mau melangkah bagaimana kalau rekomendasi dari BOPI belum keluar," tegas Yudiana, Selasa (18/4/2017).

Padahal, kata Yudiana, segala persyaratan sudah ditempuhnya. Bahkan minta rekomendasi ke BOPI pun sudah jauh-jauh hari dilakukan, sebelum kick off Liga 1 2017 digulirkan tanggal 15 April lalu.

"Essien dan Cole bisa main saat melawan Arema FC karena rekomendasi PT Liga Indonesia Baru (LIB). Dimainkan atau tidak (lawan PS TNI) kami mengacu kepada PT LIB saja yang mengesahkan pemain," jelas Yudiana.

Ditambahkanna, masalah ini pun bukan hanya terjadi di tubuh Maung Bandung, namun herannya BOPI hanya mempermasalahkan Essien dan Cole.

"Kalau hanya Michael Essien dan Cole yang tidak bisa main, nanti kami juga akan protes karena tim lainnya juga punya pemain asing baru, seperti Madura United. Kalau mau (adil) ya semuanya (pemain asing baru di Liga 1) jangan main," tegas Yudiana.

Sekjen BOPI Heru Nugroho mengakui sedang dalam proses mengumpulkan pengajuan surat rekomendasi untuk mengurus KITAS. 

"Sampai hari ini (Selasa, 18/4/2017) BOPI dalam proses menerima pengajuan rekomendasi KITAS dan IMTA tenaga kerja asing dari klub peserta Liga 1 maupun PT Liga Indonesia Baru," kata Heru dalam rilis BOPI.*

logoblog
» Thanks for reading: Persib Bandung Tidak Bersalah Mainkan Essien dan Cole

Related Posts

Sepakbola Magz Updated at: April 19, 2017

0 comments:

Post a Comment