Home » , » Kabar Baik buat Persib, Ada Titik Terang Soal KITAS Essien dan Cole

Kabar Baik buat Persib, Ada Titik Terang Soal KITAS Essien dan Cole

Kabar Baik buat Persib, Ada Titik Terang Soal KITAS Essien dan Cole

Kabar Baik buat Persib, Ada Titik Terang Soal KITAS Essien dan Cole
Sepakbola Magz -- Masalah Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) yang menimpa dua pemain asing Persib Bandung, Michael Essien dan Carlton Cole, menemui titik terang.

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menyatakan sudah mengirimkan surat rekomendasi kepada Persib Bandung untuk mengurus Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA) Essien dan Cole.

IMTA  diperlukan sebagai syarat wajib untuk mengurus pembuatan KITAS.

"Sudah, sudah kami kirim suratnya pada Kamis ini. Pagi-pagi sekali melalui pesan elektronik kami kirim yang ditujukan kepada Persib," kata Sekretaris Jenderal BOPI Heru Nugroho dikutip detikSport, Kamis (20/4/2017).

"Jadi prinsipnya begini, BOPI kirim surat rekomendasi ke Persib, nanti Persib yang mengurus semua ke Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) untuk masalah IMTA pemain asingnya," tambah Heru.

Dijelaskan Heru, dalam pengurusan IMTA biasanya pemain asing akan dikenakan pembayaran pajak sekitar 100 dollar US, untuk kemudian bisa dikeluarkan kartu IMTA-nya. "Biasanya langsung jadi yang penting bayar pajak."

Di samping Essein dan Cole, ada 23 pemain asing lainnya dari 10 klub yang masih bermasalah dalam pengurusan Izin Mempekerjakan Tenaga Asing. Soal itu, Heru menjelaskan beberapa klub sudah diberikan surat rekomendasi dari BOPI.

"Seperti contoh Persela dan PS TNI itu sudah kami kirimkan surat rekomendasinya," katanya.

Di sisi lain, Kantor Imigrasi Klas I Bandung menyebutkan, Essien dan Cole bisa saja bermain untuk Persib Bandung untuk laga melawan PS TNI, Sabtu (22/4/2017), dengan syarat ada rekomendasi BOPI dan Kemenaker.

Menurut Kasi Wasdikum Kantor Imigrasi Klas I Bandung, Agustianur Mega,  Essien dan Cole bisa bermain asalkan Persib sudah mengantongi rekomendasi dari BOPI dan Kemenaker.

"Kami masih nunggu rekomendasi itu dari PT PBB. Katanya sedang diurus, mungkin secepatnya beres," kata Agustianur.

Menurutnya, jika rekomendasi dari BOPI dan Kemenaker sudah ada, maka kedua pemain itu bisa bermain lawan PS TNI. Persib tidak perlu menunggu KITAS terbit terlebih dahulu.

"Kalau BOPI dan Kemenaker cepat, kita juga cepat. Kalau sudah dalam proses, izin kerjanya (IMTA dari Kemenaker) sudah ada, bisa saja main nanti hari Sabtu. Itu 'kan sudah selesai, tinggal proses (KITAS) saja," jelasnya.*

0 komentar:

Post a Comment