Home » , » Daftar Marquee Player Liga 1 2017

Daftar Marquee Player Liga 1 2017

Essien Marquee Player Persib Bandung
Essien Marquee Player Persib Bandung.*
Daftar Marquee Player Liga 1 2017. Pemain Bintang Kelas Dunia dengan Status Khusus.

Sepakbola Magz -- Marquee Player adalah pemain bintang kelas dunia dengan kemampuan dan gaji di atas rata-rata.

Di kompetisi sepakbola resmi Gojek Traveloka Liga I 2017Marquee Player adalah pemain bintang yang pernah bermain di 8 liga elite Eropa dan tiga Piala Dunia terakhir.


PSSI mengizinkan 18 klub peserta Liga 1 memiliki hingga lima pemain Marquee Player. Sejauh ini baru enam klub yang merekrut pemain bintang kelas dunia ini, yakni Persib, Madura United, Mitra Kukar, Persela, Pusamania Borneo FC, dan PSM Makassar.

Marquee Player yang paling mendapatkan sorotan adalah Michael Essien yang direkrut Persib Bandung. Kepindahan pemain asal Ghana yang pernah bermain di Chelsea, AC Milan, dan Real Madrid itu ke Persib juga menjadi pemberitaan media-media internasional.

Maung Bandung memberikan kejutan kedua kalinya dengan merekrut pemain bintang lainnya, Carlton Cole, eks penyerang Chelsea dan West Bromwich Albion yang pernah memperkuat Timnas Inggris.

Tidak mau kalah dengan Persib, Madura United juga mendatangkan marquee player eks Liga Inggris, yakni mantan penyerang West Bromwich Albion, Peter Odemwingie.

Selain Essien, Cole, dan Odemwingie, klub Liga 1 lain juga mendatangkan marquee player, namun nama-namanya tidak sepopuler ketiga eks pemain Liga Primer Inggris itu.

Marquee player Pusamanioa Borneo FC, Shane Smeltz, misalnya, adalah nama asing bagi publik sepakbola Indonesia. Padahal ia pernah memperkuat Timnas Selandia Baru pada Piala Dunia 2010 dan pernah menciptakan satu gol ke gawang Italia.

Sehari menjelang bergulirnya Liga 1, Mitra Kukar memberikan kejutan dengan merekrut eks bintang Liverpool dan Juventus, Mohamed Sissoko, sebagai marquee player.

Sissoko menjadi marquee player eks Liga Inggris keempat setelah Essien, Cole, dan Odemwingie.

Dengan demikian, hingga sehari menjelang bergulirnya Gojek Traveloka Liga 1, Sabtu (15/4/2017), sudah ada sembilan marquee player yang akan bermain di Liga 1 2017.

Jumlah marquee player kemungkinan bertambah. Kabarnya, sejumlah klub lain sedang negosiasi dengan marquee player pilihannya.

Mohamed Sissoko
Sissoko Marquee Player Mitra Kukar.* 
Marquee player tidak dihitung sebagai pemain asing biasa. Klub yang sudah punya pemain asing maksimal 2 asal Eropa dan 1 asal Asia, masih bisa menambah satu pemain asing berstatus marquee player.

Menurut aturan PSSI, setiap klub hanya boleh mengontrak maksimal tiga pemain asing dengan komposisi 2 pemain non-Asia dan 1 pemain Asia.

Klub bisa memiliki empat pemain asing kalau bisa mendatangkan pemain ternama yang disebut marquee player.

Syarat marquee player yang ditetapkan PSSI adalah umur pemain harus di bawah 35 tahun, pernah bermain di 8 liga elite Eropa atau  tiga Piala Dunia terakhir (Jerman 2006, Afrika Selatan 2010 dan Brasil 2014), dan bisa berasal dari negara mana saja.

Delapan liga elite Eropa yang dimaksud ialah Liga Spanyol, Jerman, Inggris, Italia, Belanda, Jerman, Turki, dan Portugal. 

Setiap klub hanya diizinkan mengeluarkan gaji pemain maksimal Rp15 miliar. Besaran itu tidak termasuk untuk membayar marquee player yang gajinya bisa lebih besar.

Klub tidak diwajibkan memiliki marquee player. Peraturan marquee player hanya diterapkan kepada klub yang mampu mengontraknya.

Daftar Marquee Player Liga 1 2017

  1. Michael Essien (Ghana/Persib)
  2. Carlton Cole ( Inggris/Persib)
  3. Peter Odemwingie (Nigeria/Madura United)
  4. Jose Manuel Barbose Alves Coelho (Portugal/Persela)
  5. Shane Smeltz (Selandia Baru/Pusamania Borneo FC)
  6. Wiljan Jan Pluim (Belanda/PSM Makassar)
  7. Steven Paulle (Perancis/PSM)
  8. Marc Anthony Klok (Belanda/PSM).
  9. Mohamed Sissoko (Mali/Mitra Kukar)
  10. Juan Pablo Pino (Kolombia/Arema FC)
  11. Anmar Almubaraki (Irak/Persiba Balikpapan)
  12. Bruno Da Silva Lopes (Brasil/Persija Jakarta)
  13. Didier Zokora (Pantai Gading/Semen Padang)
  14. Paulo Sergio Moreira Gonçalves (Portugal/Bhayangkara FC)
  15. Nick van der Velden (Belanda/Bali United).
  16. Douglas Packer (Brasil/Barito Putera)
  17. Elio Martins (Portugal/PS TNI)
  18. Tijani Belaid (Tunisia/Sriwijaya FC)

Regulasi Liga 1 tentang Marquee Player:


a. Termasuk dalam skuad tim nasional di tiga putaran final terakhir Piala Dunia (Piala Dunia 2006 Jerman, Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, dan Piala Dunia 2014 Brasil) atau;

b. Bermain di liga Eropa dalam kurun waktu delapan tahun terakhir (2009-2017) di kompetisi: La Liga (Spanyol), Bundesliga (Jerman), Premier League (Inggris), Serie A (Italia), Eredivisie (Belanda), Ligue 1 (Prancis), Super Lig (Turki), Primeira Liga (Portugal).*

0 komentar:

Post a Comment