Dinilai Hambat KITAS Essien dan Cole, Umuh Serukan BOPI Dibubarkan

Wednesday, April 19, 2017 | Follow @sepakbola_magz | Join us on Facebook

Dinilai Hambat KITAS Essien dan Cole, Umuh Serukan BOPI Dibubarkan
"Bubarkan saja BOPI karena mempermalukan bangsa sendiri!" (Umuh Muchtar, Manajer Persib).

Sepakbola Magz -- Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, menuding Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) telah menghambat pengurusan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dua pemain asingnya, Michael Essien dan Carlton Cole.

Umuh meminta BOPI dibubarkan saja. Umuh mengaku sudah jauh-jauh hari mengajukan perizinan untuk dua pemain asing itu kepada BOPI. Namun, BOPI memperlambat rekomendasi untuk pengajuan Izin Memperkerjakan Tenaga Asing (IMTA) ke Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

"Kami sudah mengajukan surat waktu itu sebelum laga perdana, tapi responsnya lambat. Padahal saat itu PSSI sudah memberikan kami rekomendasai," kata Umuh, Rabu (19/4/2017).

Dengan lambatnya rekomendasi yang dikeluarkan BOPI, berimbas juga terhadap pengajuan IMTA ke Kemenaker. IMTA merupakan syarat wajib untuk mengurus pembuat KITAS ke pihak imigrasi.

"Tentunya dengan terhambatnya rekomendasi dari BOPI, juga berdampak ke pengurusan KITAS itu. Kami urus semua kok, tidak membiarkan begitu saja," jelasnya dikutip detik.com.


Umuh menyayangkan sikap BOPI yang seolah-olah hanya menyudutkan Persib Bandung. Padahal, banyak klub lain yang mendatangkan marquee player.

"Ini sangat bodoh BOPI. Dia (BOPI) yang harus melindungi kita (klub) malah menjatuhkan. Saya juga aneh kenapa hanya Persib saja, 'kan banyak klub lainnya juga. Jangan sampai gara-gara punya kebencian atau apa," sesal Umuh.

Sebelumnya, BOPI menyebutkan ada 25 pemain asing di 11 klub yang masih bermasalah dengan KITAS.

Umuh meminta pemerintah membubarkan BOPI. Pasalnya, BOPI dianggap telah menghambat kemajuan persepakbolaan tanah air dengan mempersulit administrasi pemain asing.

"Kita sedang booming dengan kedatangan Essien dan Cole. Sepakbola Indonesia terangkat, ini malah dirusak. Padahal PSSI lebih tinggi dari BOPI, kenapa malah dipersulit? Bubarkan saja BOPI karena mempermalukan bangsa sendiri," tegas Umuh.

Umuh juga mengatakan, Essien dan Cole bisa dimainkan saat Persib melawan PS TNI di Stadion Pakansari Bogor, Sabtu (22/4/2017). Ia menegaskan, Essien dan Cole orang baik-baik, bukan buronan ataupun teroris.

Profil Singkat BOPI

Umuh Serukan BOPI Dibubarkan
Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) adalah badan yang berwenang melakukan pembinaan, pengembangan, pengawasan dan pengendalian terhadap setiap kegiatan olahraga profesional Indonesia.

BOPI merupakan Lembaga nonstruktural mandiri yang dibentuk oleh Pemerintah dan bertanggung jawab kepada Menteri Negara Pemuda dan Olahraga.

BOPI bertugas menetapkan kebijakan pembinaan dan pengembangan serta pengawasan dan pengendalian terhadap penyelenggaraan olahraga profesional, serta memberikan izin bagi olahragawan profesional yang akan mengikuti pertandingan dan perlombaan di dalam negeri maupun di luar negeri.

BOPI memiliki kewenangan dan tanggung jawab menerbitkan lisensi bagi kepentingan kegiatan olahraga profesional. (Wikipedia).*

logoblog
» Thanks for reading: Dinilai Hambat KITAS Essien dan Cole, Umuh Serukan BOPI Dibubarkan

Related Posts

Sepakbola Magz Updated at: April 19, 2017

0 comments:

Post a Comment