Prediksi Line-Up Persib Bandung Bersama Michael Essien

Sunday, March 19, 2017 | Follow @sepakbolagp | Join us on Facebook

Prediksi Line-Up Persib Bandung Bersama Michael Essien
Sepakbola Magz -- Persib Bandung resmi mengontrak Michael Essien. Perekrutan Essien menimbulkan tanda-tanya, apakah untuk memenuhi skema permainan ataukah kepentingan bisnis (sponsor).

Pasalnya, pemain asal Ghana itu berposisi utama sebagai gelandang bertahan. Sebelum mendatangkan Essien, pelatih Persib Djadjang Nurdjaman dan manajer Umuh Muchtar berkali-kali menegaskan Maung Bandung butuh penyerang untuk mendampingi Sergio van Dijk.

Alasan itu pula yang membuat Persib memulangkan tiga pemain gelandang asing yang diseleksi --Willie Overtoom, Mirko Livaja, dan David Sebastian Lofquist, serta tidak memperpanjang kontrak Erick Weeks.

Djanur juga sering mengeluhkan penyelesaian akhir. Serangan-serangan Persib sering menemui kebuntuan di depan gawang lawan.

Untuk sektor gelandang, Persib bisa dikatakan lebih dari cukup. Selain Hariono sebagai gelandang bertahan, ada Kim Kurniawan, Dedi Kusnandar, Atep, Tantan, Shohei Matsunaga, Gian Zola, dan Febri Hariyadi yang selama ini mampu membangun serangan berbahaya ke gawang lawan. Namun, banyak peluang yang gagal berbuah gol.

Apalagi jika Persib jadi merekrut gelandang serang lain yang gencar diberitakan --Stefano Lilipaly dan Raphael Maitimo, maka sektor tengah Persib "over capacity".

Di mana posisi Michael Essien?

Menurut Djanur, pemain asal Ghana ini bisa dimainkan sebagai gelandang serang (attacking midfielder).

Meski saat bermain di Chelsea lebih sering dimainkan sebagai gelandang bertahan, namun menurut Djanur Essien bisa ditempatkan sebagai attacking midfielder.

"Ini pemain yang kita butuhkan. Dia bisa dribling, shooting-nya juga bagus," katanya dilansir situs resmi klub.

"Kita lihat situasi saja. Kita punya beberapa alternatif skema yang akan digunakan," tambahnya.

Bisa dimainkan di berbagai posisi memang disebut-sebut sebagai salah satu kelebihan Essien. Eks pemain Timnas Ghana itu bahkan pernah bermain di enam posisi, selain gelandang bertahan.

Posisi lain yang pernah dilakoni Michael Essien adalah gelandang tengah, gelandang sayap kanan, gelandang sayap kiri, bek kanan, bek kiri, dan bek tengah.

Posisi yang paling banyak dimainkan Michael Essien setelah gelandang bertahan adalah gelandang tengah.

Namun, apakah benar Michael Essien adalah pemain yang bisa dimainkan di berbagai posisi?

Sebelum Essien bergabung dengan Persib Bandung, Jose Mourinho yang pernah melatih Michael Essien di Chelsea dan Real Madrid mengatakan, Essien adalah pemain yang bisa bermain di segala posisi, kecuali penyerang dan kiper.

"Saya tahu Essien lebih baik daripada yang lain," ujar Jose Mourinho dikutip Telegraph, Jumat (17/3/2017).

"Saya tahu dia bisa bermain di segala posisi selain kiper dan penyerang," pungkasnya.

Dari catata Wikipedia, selama karier profesionalnya, koleksi gol Essien terbanyak saat bersama Chelsea, yakni 17 gol dari 168 pertandingan (2005-2014).

Setelah itu, saat dipinjamkan ke Real Madrid, Essien hanya mencetak dua gol dari 21 pertandingan. Saat berseragam AC Milan (2014-2015), Essien tidak mencetak satu gol pun dalam 20 penampilannya.

Saat membela Panathinaikos (2015-2016), sebelum direkrut Persib Bandung, Essien hanya mencetak satu gol dalam 13 kali penampilannya.*

logoblog
» Thanks for reading: Prediksi Line-Up Persib Bandung Bersama Michael Essien

Related Posts

Sepakbola Magz Updated at: March 19, 2017

0 comments:

Post a Comment