Persib Bandung Andalkan Formasi Dua Penyerang Musim 2017

Posted by Sepakbola Magz on Tuesday, January 10, 2017

Persib Bandung Andalkan Formasi Dua Penyerang Musim 2017
Sepakbola Magz -- Persib Bandung menyiapkan strategi guna meningkatkan produktivitas gol musim 2017.

Pelatih Persib, Djadjang 'Djanur' Nurdjaman, menegaskan, timnya akan tampil lebih agresif pada kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) yang akan bergulir mulai 26 Maret 2017

Dilansir Pikiran Rakyat, pelatih yang kini tengah berada di Thailand untuk mengikuti kursus kepelatihan lisensi A AFC itu mengaku menyiapkan empat formasi.

Namun Djanur menegaskan, formasi dengan penggunaan dua penyerang sekaligus akan menjadi pakem Persib untuk tampil agresif dan mendulang kemenanangan dengan banyak gol, khususnya ketika berlaga di markas sendiri.

"Kami akan lebih banyak pakai dua striker dan mengurangi jumlah gelandang bertahan, khususnya ketika main di kandang sendiri. Tujuannya ya tampil lebih menyerang dan menghasilkan banyak gol," katanya.

Dalam beberapa tahun belakangan, Persib racikan Djadjang Nurdjaman identik dengan formasi 4-2-3-1. Pemakaian seorang striker murni dan penempatan dua gelandang bertahan mengutamakan keseimbangan pertahanan dan penyerangan.

Namun, pada musim 2017, formasi 4-1-3-2 akan menjadi tumpuan Persib, khususnya saat melakoni laga-laga kandang. 

Skema tersebut sudah diuji pada sejumlah laga menjelang akhir TSC 2016. Hasilnya, dengan skema ofensif itu, Maung Bandung meraup rentetan kemenangan besar di kandang, seperti ketika menghancurkan Perseru Serui 6-2 dan melumat PS TNI 4-0.

"Pakai dua penyerang kalau di kandang atau dalam situasi tetinggal dan sangat butuh cetak gol. Tetapi kalau main tandang, satu penyerang saja dan tetap diutamakan pakai dua gelandang bertahan. Karena 'kan prioritasnya bermain efektif melalui serangan balik supaya tidak kebobolan," kata Djanur.

Dalam formasi ofensif itu, Sergio van Dijk sudah pasti mengisi salah satu slot penyerang. Satu slot striker lainya semula direncanakan akan diisi penyerang asal Brasil, Patrick Dos Santos Cruz. Namun, Patrick gagal diboyong lantaran lebih memilih bermain di Liga Vietnam.

Saat ini hanya ada Sergio yang menjadi penyerang murni di Persib. Pemain depan lainnya, seperti Atep dan Tantan, selama ini lebih banyak beroperasi sebagai gelandang serang di sektor sayap.

Penyerang murni seperti Samsul Arif, Rudiyana, dan Yandi Sofyan sudah dilepas Persib Bandung ke klub lain bersama delapan pemain lainnya.

Senada dengan Djanur, asisten pelatih Persib, Herrie Setiawan, mengungkapkan, pola permainan Maung Bandung pada liga musim 2017 akan berbeda dengan sebelum-sebelumnya.

Selain pada musim ini Persib menargetkan untuk mempertahankan gelar juara liga 2014 lalu, perubahan pola bermain yang menggigit itu tak lepas dari ilmu yang didapatkan Djadjang Nurdjaman.

"Banyak skema yang akan di buat oleh Pak Djadjang untuk mengarungi liga musim 2017. Kita akan buat settingan sedemikian rupa supaya PERSIB lebih menggigit dan kembali menjadi juara," tegas Herrie di laman resmi klub.*

logoblog
» Thanks for reading: Persib Bandung Andalkan Formasi Dua Penyerang Musim 2017

Related Posts

Sepakbola Magz Updated at: January 10, 2017

0 comments:

Post a Comment