Imbangi Vietnam 2-2, Indonesia ke Final Piala AFF 2016

Wednesday, December 7, 2016 | Follow @sepakbola_magz | Join us on Facebook

Imbangi Vietnam 2-2, Timnas Indonesia ke Final Piala AFF 2016
Hasil & Skor Vietnam vs Indonesia 2-2 Semifinal Leg Kedua Piala AFF 2016 Rabu (7/12/2016).

Sepakbola Magz -- Timnas Indonesia lolos ke babak final Piala AFF 2016 setelah bermain imbang 2-2 melawan tuan rumah Vietnam pada
pertandingan semifinal leg kedua Piala AFF 2016 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12/2016).

Dalam laga yang disiarkan langsung RCTI mulai Pkl. 19.00 WIB, dua gol Indonesia dicetak Stefano Lilipaly (54') dan Manahati Lestusen (90'+7,penalti).

Dua gol balasan Vietnam diciptakan Vi Van Thanh (83') dan Vu Minh Thanh (90').

Dengan hasil imbang 2-2 ini, Indonesia lolos ke babak final AFF Cup 2016 karena secara agregat unggul 4-3 atas Vietnam. Pada semifinal pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (3/12/2016), Indonesia menang 2-1.

Jalannya Pertandingan
Duel Vietnam vs Indonesia berlangsung seru. Sejak kick-off babak pertama, Vietnam langsung menekan Indonesia. Pressing para pemain tuan rumah memaksa pasukan Garuda lebih banyak bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Di sepuluh menit pertama Vietnam melakukan dua kali shooting ke gawang Indonesia, namun gagal menemui sasaran.

Setelah itu Indonesia mulai lolos dari tekanan dan mengimbangi permainan agresif Vietnam.

Sepanjang babak pertama, Vietnam tampak bernafsu mencetak gol. Mereka berusaha terus mengurung pertahanan Indonesia dan menciptakan sejumlah peluang.

Hingga babak pertama berakhir tidak ada gol yang tercipta. Skor Vietnam vs Indonesa 0-0 di babak pertama.

Di babak kedua Vietnam masih mendominasi pertandingan. Lini pertahanan Indonesia bekerja keras menahan gempuran demi gempuran para pemain tuan rumah.

Namun, justru Indonesia yang berhasil mencetak gol di menit ke-54 lewat Stefano Lilipaly.

Gol berawal dari pergerakan Boaz Solossa di sisi kiri pertahanan. Umpan silang Boas gagal ditangkap sempurna oleh kiper Vietnam. Bola yang sempat membentur bek Vietnam bergulir ke arah gawang yang langsung dicocor oleh Stefano Lilipaly. Gol! Skor Vietnam vs Indonesia 0-1.

Di menit ke-63 Lilipaly nyaris menggandakan keunggulan Indonesia, namun tendangannya melambung.

Berada dalam posisi bebas usai menerima umpan terobosan Andik Vermansyah, tembakan Lilipaly yang tinggal berhadapan dengan kiper tuan rumah melambung.

Vietnam bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-76 setelah kiper Vietnam, Tran Nguyen Manh, mendapatkan kartu kuning kedua. Kartu merah diberikan wasit setelah terjadi pelanggaran dalam kemelut di depan gawang Vietnam dari tendangan penjuru Indonesia.

Tran Nguyen Manh digantikan Que Ngoc Hai yang terpaksa berperan sebagai kiper.

Unggul satu pemain tidak membuat Indonesia mendominasi laga. Tuan rumah masih agresif dan menggempur lini pertahanan Indonesia dan justru mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-83 lewat Vi Van Thanh.

Gol balasan Vietnam berawal dari tendangan bebas yang gagal diantisipasi para pemain Indonesia.

Mampu menyamakan kedudukan membuat para pemain tuan rumah kian gencar menggempur pertahanan Indonesia. Hasilnya, di injury time babak kedua, Vietnam mampu mencetak gol tambahan yang mengubah skor menjadi 2-1 lewat Vu Minh Thanh.

Vu Minh Thanh berhasil menusuk kotak penalti Indonesia dan melepaskan tembakan silang terarah ke pojok kanan gawang yang dikawal Kurnia Meiga.

Dengan hasil 2-1 untuk kemenangan Vietnam di babak normal ini, agregat menjadi 3-3, sehingga pertandingan dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu 2x15 menit.

Babak Perpanjangan Waktu
Di babak perpanjangan waktu, Indonesia yang unggul jumlah pemain berusaha mendominasi pertandingan.

Usaha Indonesia berhasil membuahkan gol lewat tendangan penalti di menit ke-7 babak perpanjangan waktu. Ferdinand Sinaga, yang masuk menggantikan Boaz Solossa di menit ke-72, berhasil menusuk kotak penalti dan dijatuhkan kiper Vietnam.

Manahati Lestusen yang menjadi eksekutor sukses menggetarkan gawang tuan rumah. Skor berubah menjadi 2-2 yang membuat Garuda kembali unggul agregat gol 4-3 atas Vietnam.

Di menit akhir babak pertama perpanjangan waktu, wasit kembali memberikan hadiah penalti kepada Indonesia, setelah Rizky Pora dijatuhkan di kotak penalti oleh kiper Vietnam. Namun, wasit secara kontroversial membatalkan keputusannya setelah berkonsultasi dengan hakim garis.

Tidak ada tambahan di paruh kedua babak perpanjangan waktu. Skor akhir Vietnam vs Indonesia 2-2. Tim Garuda pun melaju ke babak final Piala AFF 2016 dengan agregat gol 4-3 atas Vietnam.

Di babak final, Indonesia akan berhadapan dengan pemenang semifinalis lainnya, Thailand vs Myanmar, yang akan berlaga besok (8/12/2016).

Susunan Pemain 
Vietnam (4-3-3): Tran Nguyen Manh; Truong Dinh Luat, Tran Dinh Dong, Que Ngoc Hai, Vu Van Thanh; Nguyen Trong Hoang, Luiong Xuan Truong, Dinh Thanh Trung; Nguyen Van Toan, Le Cong Vinh, Nguyen Van Quyet.

Indonesia (4-2-3-1): Kurnia Meiga; Beny Wahyudi, Hansamu Yama, Fachruddin, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Bayu Pradana; Andik Vermansah (Dedi Kusnandar 87'), Rizky Pora, Stefano Lilipaly (Zulham Zamrun 84'); Boaz Solossa (Ferdinand Sinaga 72').*

logoblog
» Thanks for reading: Imbangi Vietnam 2-2, Indonesia ke Final Piala AFF 2016

Related Posts

Sepakbola Magz Updated at: December 07, 2016

0 comments:

Post a Comment