AFC Rilis Satu Slot untuk Wakil Indonesia di Liga Champions Asia 2017

Posted by Sepakbola Magz on Saturday, December 10, 2016

AFC Rilis Satu Slot untuk Wakil Indonesia di Liga Champions Asia 2017
Sepakbola Magz -- Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) merilis alokasi satu slot untuk wakil Indonesia di ajang Liga Champions Asia (ACL) 2017. 

Dirilis situs resmi AFC, Rabu (7/12/2016), ada 24 klub dari 12 negara yang mendapat jatah tampil langsung di fase grup ACL, termasuk Indonesia.

Namun demikian, pihak AFC memberikan catatan khusus untuk Indonesia, yakni belum ada satu pun klub yang didaftarkan. "Note: Indonesia have not submitted any club entry,” bunyi keterangan di laman AFC.

Menurut Wakil Ketua Umum PSSI (2016-2020) Joko Driyono, AFC sebenarnya sudah memberi informasi mengenai hal itu. Namun, dari pihak PSSI belum memberi respons sehingga posisi wakil Indonesia di ACL menjadi terancam.

"AFC mengatakan sebenarnya (PSSI) diingatkan beberapa kali karena tidak ada respons. AFC telah membuat keputusan, tentu ini kami sedih,” ucap Joko sekaligus mengisyaratkan Indonesia dipastikan gagal mengirim wakil ke Liga Champions Asia 2017.

Joko menegaskan, jika mengacu kepada kondisi sebelumnya saat Indonesia belum terkena sanksi FIFA, berarti Persib Bandung sebagai juara terakhir Indonesia Super League yang berhak mewakili Indoneia di ACL 2017.

“Liga Champions Asia itu basisnya dari club licensing regulations dan itu kemarin tidak mungkin kami lakukan saat kami (PSSI) dibekukan. Jadi, sudah pasti Liga Champions Asia tidak (ikut),” kata Joko.

Sebelumnya, dua wakil Indonesia yang disebut-sebut bakal tampil di AFC Cup 2017 musim depan yaitu juara dan runner up kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014, yakni Persib Bandung dan Persipura Jayapura.

Namun, karena terlambat didaftarkan, Persib dan Persipura gagal tampil di AFC Cup. Pihak PSSI pun meminta maaf kepad kedua klub.

Joko mengatakan pihaknya juga merasa kecewa, namun keputusan AFC sudah keluar dan pihaknya pun tidak bisa berbuat apa-apa lagi. 

"Kami mohon maaf. Tentu ini membuat kami sedih. Tapi semua sudah diputuskan dan dateline-dateline pun sudah dilewati. Reminder dari AFC juga sudah dikirim berkali-kali, tapi memang PSSI (pengurus lama-red) ketika itu no reply," ujarnya dikutip Pikiran Rakyat.

PSSI memastikan jika keputusan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) akan peserta AFC Cup 2017 tidak akan berubah. Persib Bandung dan Persipura Jayapura dipastikan tidak akan tampil di AFC Cup tahun ini.*

» Thanks for reading: AFC Rilis Satu Slot untuk Wakil Indonesia di Liga Champions Asia 2017
Sepakbola Magz Updated at: 8:30:00 PM

0 comments:

Post a Comment