MotoGP 2016 Makin Menarik dan Ketat dengan Lahirnya Juara Baru

Posted by Sepakbola Magz on Monday, September 5, 2016

MotoGP 2016 Makin Menarik dan Ketat dengan Lahirnya Juara Baru


Jack Miller
Jack Miller
MotoGP Update -- Tampilnya juara baru di dua seri terakhir MotoGP 2016, yakni Cal Crutchlow di GP Brno Ceko dan Maverick Vinales di GP Silverstone Inggris, membuat MotoGP musim ini dan musim depan kian menarik. 

Persaingan pelabap pun kian ketat karena tidak lagi didominsi oleh trio Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Jorge Lorenzo seperti musim-musim sebelumnya.

MotoGP 2016 menghadirkan banyak kejutan. Podium juara kian terbuka bagi semua pebalap.

Sejauh ini MotoGP 2016 sudah menghadirkan ada empat juara baru. Selain Crutchlow dan Vinales, dua nama lainnya adalah Jack Miller dan Andrea Iannone yang lebih dulu membuat kejutan.

Jack Miller (Marc VDS) menjuarai MotoGP Belanda 2016 di Sirkuit Assen, 27 Juni 2016, dalam, balapan yang berlangsung dramatis. 

Race sempat dihentikan di lap ke-14 akibat hujan deras yang mengguyur lintasan.

Ketika start diulang, Miller sukses mengambil keuntungan dari tumbangnya sejumlah pembalap. Ia finis pertama dengan menyelesaikan balapan 12 lap tersisa.

Andrea Iannone
Andrea Iannone
Andrea Iannone (Ducati) menjadi juara MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, 14 Agustus 2016. Iannone bersama rekannya, Dovizioso, tampil dominan sejak latihan bebas.

Saat balapan digelar, Iannone sudah memimpin sejak awal. Meski sempat disalip Rossi dan Jorge Lorenzo, Iannone mampu melahap balapan 28 lap dengan waktu 39 menit 46,255 detik, unggul 0,938 detik atas rekan setimnya, Andrea Dovizioso. 

Sukses itu menjadi kemenangan perdana Iannone sepanjang kariernya di MotoGP.

Cal Crutchlow (LCR Honda) mencetak sejarah dengan menjadi Juara MotoGP Ceko 2016 di Sirkuit Brno, 21 Agustus 2016. 

Ia meraih kemenangan pertama selama berkarier di MotoGP sekaligus mencatat rekor sebagai rider Inggris pertama yang menjuarai seri Motorsport Grand Prix sejak Barry Sheene pada 1981.

Cal Crutchlow
Cal Crutchlow
Crutchlow mengawali balapan dari posisi ke-10. Namun, ia mendapatkan keuntungan besar akibat lintasan yang lembab. Strategin menggunakan ban keras di depan dan belakang terbukti jitu.

Para pembalap lain justru menggunakan ban basah yang cepat habis dimakan aspal saat lintasan mulai mengering. 


Di akhir balapan, Crutchlow memastikan kemenangannya setelah unggul 7,298 detik atas Rossi yang finis di posisi kedua.

Sukses Crutchlow juga membuatnya menjadi pembalap pertama LCR Honda yang juara di kelas MotoGP.

Maverick Vinales (Suzuki) tampil sebagai Juara MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (4/9/2016). Start di posisi tiga, di belakang Crutchlow dan Rossi, Vinales melesat sebagai pebalap terdepan tanpa saingan berarti dari rider lainnya hingga finis.

Maverick Vinales
Maverick Vinales
Vinales sejak latihan bebas pertama menunjukkan performa terbaik. Setelah balapan sempat dihentikan akibat kecelakaan Pol Espargaro dan Loris Baz, Vinales di posisi terdepan saat balapan diulang lagi.

Setelah ia memimpin, tak ada satu pun pembalap yang mampu menyalipnya.

Saat para pembalap lain sibuk berebut posisi kedua, Vinales terus memperlebar jarak.

Rider muda asal Spanyol berusia 21 tahun itu finis di posisi pertama, diikuti Crutchlow dan Rossi.

Kemenangan Vinales juga menjadi kemenangan perdana Suzuki sejak Chris Vermeulen pada MotoGP Le Mans Prancis 2007.

Seri ke-13 MotoGP 2016 akan berlangsung di Sirkuit Mugelo, Italia, Minggu 11 September 2016. Juara baru bisa saja lahir kembali.

Di Klasemen Sementara MotoGP 2016, Marc Marquez masih memimpin, diikuti Rossi di posisi dua dan Lorenzo di urutan ketiga. Vinales ada di urutan empat klasemen.*

» Thanks for reading: MotoGP 2016 Makin Menarik dan Ketat dengan Lahirnya Juara Baru
Sepakbola Magz Updated at: 12:40:00 PM

0 comments:

Post a Comment