Manuver Rossi kepada Lorenzo Dinilai Wajar

Posted by Sepakbola Magz on Wednesday, September 14, 2016

Manuver Rossi kepada Lorenzo Dinilai Wajar
MotoGP Update -- Jorge Lorenzo menyatakan ketidaksenangannya saat disalip Valentino Rossi dalam balapan MotoGP Misano San Marino, Minggu (11/9/2016).

Lorenzo menilai Rossi terlalu agresif sehingga bisa menimbulkan crash. Namun, Race Director MotoGP, Mike Webb, menilai manuver Rossi kepada Lorenzo pada fase awal lomba itu tidak melanggar peraturan.

Dilansir Crash, Rossi menyalip Lorenzo di tikungan 14 pada lap kedua. Kejadian itu memicu perang kata-kata antara Rossi dan Lorenzo pada konferensi pers selepas balapan.

Lorenzo menganggap Rossi melakukan aksi overtaking yang kelewat agresif dan membahayakan. Dianggap pebalap kotor, Rossi pun membela diri dan membantah argumen rekan setimnya di Yamaha itu.

Baca: Lorenzo Marah Disalip Rossi

Mike Webb yang sudah menganalisis duel Rossi dengan Lorenzo akhirnya memberikan pernyataan. Menurut Webb, manuver Rossi sah dilakukan. Dia pun membandingkan insiden tersebut dengan aksi Dani Pedrosa saat menyalip Rossi untuk memimpin lomba dan meraih kemenangan di fase akhir lomba.

VIDEO: Rossi Overtake Lorenzo di MotoGP Misano 2016



"Kedua manuver itu normal. Pada kejadian terpisah itu, kedua pebalap yang menyalip mengambil sisi dalam tikungan sehingga rider lain tak bisa masuk karena ada motor lain. Jadi, tak ada masalah dengan aksi overtaking itu," kata Webb kepada Marca.

"Kasusnya berbeda jika pebalap memotong jalur dan menyenggol motor rider lain. Namun, menyalip dari sisi dalam adalah hal yang normal dilakukan dalam balapan," ujar Webb.

Webb juga menepis anggapan trek yang sempit membuat aksi overtaking di Misano terlihat agresif. Dari sudut pandangnya, tikungan tempat Rossi dan Pedrosa melakukan manuver memang lebih memungkinkan untuk menyalip ketimbang di tikungan lain.

"Semua manuver yang diperdebatkan (Rossi kepada Lorenzo dan Pedrosa kepada Rossi) terjadi di tikungan sempit karena tempat itu memang mudah untuk melakukanovertaking. Jadi, wajar jika mereka melakukannya di tikungan tersebut. Lebih penting lagi, tak ada masalah dengan manuver yang terjadi di sana," tutur Webb.

Lorenzo harus puas finis di posisi tiga MotoGP Misano, di belakang Rossi yang meraih podium dua dan Dani Pedrosa menjadi juara atau finis terdepan. Dengan hasil itu Lorenzo kian tertinggal dari Rossi di klasemen sementara MotoGP.*

» Thanks for reading: Manuver Rossi kepada Lorenzo Dinilai Wajar
Sepakbola Magz Updated at: 3:54:00 PM

0 comments:

Post a Comment