Sikap Rossi Jadi Kunci Kemenangan Marquez di MotoGP Jerman 2016

Posted by Sepakbola Magz on Monday, July 18, 2016

Sikap Rossi Jadi Kunci Kemenangan Marquez di MotoGP Jerman 2016
Rossi mengatakan kalah di GP Jerman sebagai hal memalukan.

MotoGP -- Race MotoGP Jerman, Minggu (17/7/2016), berlangsung dramatis. Marc Marquez yang tercecer sejak awal balapan, meski start di posisi terdepan, mampu finis pertama dan tampil sebagai juara.

Valentino Rossi yang memimpin balapan di lap awal dan bersaing ketat di lap-lap terakhir untuk meraih podium, justru tercecer dan harus puas finis di posisi delapan.

Salah satu kunci kemanangan Marquez adalah sikap Valentino Rossi yang tidak mau mengganti motor sesuai dengan pesan dari Tim Movistar Yamaha agar segera masuk pit.

Balapan diawali dengan lintasan basah akibat hujan. Rossi sempat memimpin balapan pada lap pertama dan ketiga. Dua pembalap Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petruci, memberikan perlawanan yang sengit.

Lap kesepuluh, Petruci yang berhasil memimpin lomba terjatuh. Marquez yang ada di posisi lima juga sempat melebar keluar lintasan dan turun ke posisi tujuh.

Rossi bersama empat rider lain di posisi terdepan saling salip untuk meraih podium pertama. Marquez ada di belakang mereka.

Saat race memasuki lap ke-17, lintasan mulai kering. Marquez menjadi pebalap pertama yang mengganti motornya.

Saat kembali ke lintasan, Marquez ada di posisi 14, tertinggal jauh dari Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi yang berada di posisi terdepan. Marquez mampu menyalip satu per satu rider yang berada di depannya hingga ada di posisi enam.

Lap ke-20 Tim Movistar Yamaha menginstuksikan Rossi yang saat itu di posisi dua untuk masuk pit. Namun, Rossi lebih memilih untuk mengejar Dovizioso yang tengah memimpin balapan.

The Doctor
baru mengganti motornya pada lap ke-23. Kondisi inilah yang membuka peluang bagi Marquez memimpin balapan. Saat Rossi masuk pit, Marquez langsung melejit ke posisi kedua di belakang Jack Miller yang belum masuk pit. 

Marquez meraih posisi terdepan setelah Jack Miller masuk pit di lap ke-24. Hingga balapan berakhir, The Baby Alien berhasil finis pertama dan menjadi juara MotoGP Jerman. Rossi yang tercecer di belakang harus puas finis di urutan kedelapan.

Keberhasilan Marquez menjadi Juara MotoGP Jerman membuatnya kian kukuh di puncak klasemen dengan perolehan poin jauh meninggalkan Rossi yang ada di posisi tiga (Lihat: Klasemen Sementara MotoGP 2016).

"Ini memalukan besar bagi kami. Saya juga kompetitif dalam kondisi trek basah dan bisa berjuang untuk kemenangan. Tapi sayangnya itu setengah balapan," kata Rossi usai balapan.

"Jika saya telah berhenti dua atau tiga lap awal, itu akan menjadi sedikit lebih baik dan saya bisa tiba di tempat keenam bukan delapan, tapi masalah yang lebih besar adalah ketika saya restart, saya sangat lambat. Saya tidak punya perasaan dengan sepeda dan saya tidak cukup cepat," urainya dikutip Crash.

"Kami berhenti di lap yang sama, tapi mereka mampu naik podium. Ini tanda tanya yang sangat besar. Akan lebih baik jika saya memakai ban slicks. Saya punya perasaan yang sangat buruk pada ban intermediate, tapi tidak ada yang tahu jika saya bisa lebih cepat dengan slicks, itu juga bisa saja lebih buruk," imbuh Rossi.*

» Thanks for reading: Sikap Rossi Jadi Kunci Kemenangan Marquez di MotoGP Jerman 2016
Sepakbola Magz Updated at: 12:07:00 AM

0 comments:

Post a Comment