Stadion GBLA Gedebage Aman Digunakan

Posted by Sepakbola Magz on Friday, June 3, 2016

Stadion GBLA Gedebage Aman Digunakan
Sepakbola Magz -- Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage Kota Bandung aman digunakan untuk pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX September 2016.

Hal itu dikemukakan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, usai meninjau progres perbaikan Stadion GBLA di Kelurahan Rancanumpang Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Kamis (2/6/2016).

"Tinggal dari pihak PB PON dan Provinsi segera meninjau mengambil keputusan apakah ini bisa digunakan untuk pembukaan atau penutupan," ujar Emil.

Dikemukakannya, secara teknis struktur bangunan Stadion GBLA sangat aman jika dipenuhi penonton setelah melihat progres uji beban menggunakan. 

Mesin Data Logger yang dilakukan oleh Tim ahli bentukan Bareskrim Mabes Polri yang terdiri berbagai bidang ilmu yang antara lain ahli struktur, mekanika tanah, arsitektur, sistem drainase, konstruksi.

"Kesimpulannya secara teknis bagunan ini bebannya aman, menjawab pertanyaan dari Bareskrim apakah aman jika digunakan dibebani dan tim Puslitbangkim melakukan uji dengan dibebani dua tiga kali lipatpun daya tahannya sangat kokoh masih jauh diambang batas yang menghawatirkan," paparnya.

"Kita melakukan tes beban dan bisa lihat di sini 5,4 ton benda padat disimulasikan seolah-olah tribun diisi manusia 500 kilogram permeter persegi, walaupun berat tiga kali lipat dari normal manusia, permeternya ternyata tidak menyebabkan lengkungan. Ukurannya 1,19 mm padahal dari teori mekanik sipilnya lendutan itu diizinkan 7,5 mm," imbuhnya.

Stadion GBLA berkapasitas kursi sebanyak 38.000 tempat duduk (single seat) ini tidak kalah bagus dari stadion sepakbola di luar negeri.

"Saya pernah ke Stadion Barcelona dan Madrid, Stadion GBLA tidak kalah bagus," ujar Emil yang didampingi Ketua Tim Ahli bentukan Bareskrim Mabes Polri, Priyo Susilo. (PRLM/Antara).*

» Thanks for reading: Stadion GBLA Gedebage Aman Digunakan
Sepakbola Magz Updated at: 10:21:00 PM

0 comments:

Post a Comment