Buntut Rusuh GBK, Menpora Ancam Hentikan TSC untuk Sementara

Posted by Sepakbola Magz on Saturday, June 25, 2016

Menpora Ancam Hentikan TSC
Kepastian dihentikan-tidaknya TSC diputuskan Senin 27 Juni 2016.

Sepakbola Magz -- Buntut kerusuhan saat pertandingan Persija vs Sriwijaya FC di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jumat (24/6/2016) malam, Kemenpora mempertimbangkan untuk menghentikan sementara turnamen Torabika Soccer Championship (TSC) 2016.

Kepastian dihentikan-tidaknya TSC akan dputuskan Senin 27 Juni 2016.

"Bentrok di Stadion Utama GBK hanya salah satu persolan yang disoroti, setelah sebelumnya sempat terjadi insiden di Sleman dan Gresik. Dan, atas dasar PT GTS (operator TSC) belum mematuhi perintah Menpora untuk kerja sama dengan Polri, maka Kemenpora mempertimbangkan untuk menghentikan sementara kompetisi," ujar Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, dalam rilis yang ditulisnya, Sabtu 25 Juni 2016.


Kepastian dihentikannya kompetisi untuk sementara waktu akan diambil usai pembahasan dengan pihak PT GTS, Kepolisian RI, dan PSSI, Senin 27 Juni 2016.

"Keputusan pencabutan rekomendasi atau penghentian turnamen atau kompetisi ISC akan dituangkan dalam surat resmi dari Kemenpora setelah pertemuan dengan berbagai pihak pada hari Senin," imbuh Gatot.

Kemenpora merasa berhak menghentikan kompetisi karena dalam salah satu butir diberikannya rekomendasi kompetisi TSC, dimuat aturan mengenai hal tersebut. "Pada poin ketiga surat rekomendasi disebutkan Kemenpora memiliki hak dan kewenangan untuk mencabut rekomendasi itu," ujar Gatot lagi.

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi dalam pernyataannya di media sosial mengatakan, kredibilitas PT GTS sebagai operator TSC dipertanyakan. Pasalnya, perintah untuk segera membuat nota kesepahaman dengan pihak kepolisian, terkait pengamanan di dalam dan luar stadion, ternyata belum dilakukan.

"Kita semua berduka dan mengutuk keras kerusuhan di Stadion GBK. Pemerintah sudah meminta PT GTS untuk melakukan MoU dengan Polri terkait keamanan di dalam dan luar stadion. MoU itu untuk kepastian penanganan dan jaminan keamanan serta kenyamanan semua yang ada di stadion. Tapi itu belum dilakukan oleh GTS sebagai operator hingga saat ini," kata Imam. 

Untuk itu, Imam pun bertanya kepada publik apakah pantas kompetisi ini diteruskan atau tidak, setelah melihat kondisi saat ini. (pikiranrakyat/topskor/).*

» Thanks for reading: Buntut Rusuh GBK, Menpora Ancam Hentikan TSC untuk Sementara
Sepakbola Magz Updated at: 10:16:00 PM

0 comments:

Post a Comment