Jelang Persib vs Persija: Viking Harap Jakmania Tidak ke Bandung

Posted by Sepakbola Magz on Thursday, June 23, 2016

Viking Harap Jakmania Tidak ke Bandung
Sepakbola Magz -- Saran operator Torabika Soover Championship (TSC) agar duel Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion GBLA, Sabtu 16 Juli 2016, tanpa Jakmania, mendapat dukungan dari bobotoh yang tergabung dalam Viking Persib Club (VPC).

VPC tidak mengharapkan The Jakmania hadir pada laga kandang Persib menjamu Persija Jakarta, 16 Juli 2016, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Menurut salah satu pentolan Viking, Agus Rahmat, pertemuan yang dilakukan selama ini belum cukup dan tidak menjamin duel panas nanti akan kondusif dengan hadirnya suporter Macan Kemayoran.

Ia, berharap laga super big match Persib vs Persija itu tidak usah mengundang Jakmania. Begitupun sebaliknya, ketika Macan Kemayoran bertindak sebagai tuan rumah, bobotoh tidak memaksakan datang ke stadion guna mendukung Persib. Ia menilai, pertemuan bobotoh dan Jakmania bisa jadi memicu bentrokan.

Dalam dua kali kesempatan Persib berlaga di Jakarta, yaitu dalam final Piala Presiden 2015 dan Piala Bhayangkara 2016, bobotoh selalu mendapat provokasi ataupun gesekan kecil dari Jakmania, sekalipun lawan tanding Maung Bandung saat itu bukan Persija.

"Kalau boleh usul lebih baik tanpa suporter tim tamu saja, begitu juga sebaliknya karena khawatir gesekan akan terjadi lagi. Final di GBK saja ada gesekan, padahal tim mereka tidak main," katanya.

Ia menyatakan Viking sangat mendukung keputuasan operator Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, PT Gelora Trisula Semesta (GTS), yang menyarankan Persib vs Persija tanpa Jakmania dan Persija vs Persib tanpa bobotoh.

Agus menyesalkan sikap Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, yang mengundang Jakmania ke Bandung tanpa berkomunikasi terlebih dulu dengan bobotoh. Menurutnya, menghadirkan kedua suporter yang memiliki rivalitas tinggi tidaklah semudah membalikan telapak tangan. 

"Diperlukan sosialisasi intensif hingga ke setiap bobotoh di pelosok daerah, bukan hanya di Jawa Barat, tapi juga seluruh Indonesia," jelasnya.

"Karena percuma kalau atasnya damai tapi yang di bawah tidak. Ini yang sulit. Para pentolan Viking dan The Jak bisa saja berdamai, tapi yang kalangan grassroot ini agak sulit, ini pendapat saya pribadi ya, bukan mengatasnamakan Viking," katanya dikutip Inilah Koran.*

» Thanks for reading: Jelang Persib vs Persija: Viking Harap Jakmania Tidak ke Bandung
Sepakbola Magz Updated at: 4:21:00 PM

0 comments:

Post a Comment