Persib Bandung Pertimbangkan Pecat Dejan Antonic

Posted by Sepakbola Magz on Monday, May 30, 2016

Dejan Antonic
Sepakbola Magz -- Manajemen Persib Bandung mempertimbangkan untuk memecat pelatih Dejan Antonic sesuai dengan tuntutan bobotoh.

Manajer Persib Umuh Muchtar menyatakan, pihaknya menentukan nasib Dejan minggu depan dalam rapat yang akan digelar oleh seluruh jajaran PT Persib Bandung Bermartabat.

"Ya nanti pokoknya minggu depan akan ada pembicaraan dengan pihak manajemen. Jadi Umuh Muchtar tidak bisa mengambil keputusan sendiri," ujar Umuh dikutip Bola.net Minggu (29/5).

Tuntutan bobotoh agar Dejan dipecat menggema di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (28/5) malam, karena tidak puas dengan kinerja Dejan seusai Persib ditahan imbang 0-0 oleh Madura United.

"Saya tidak mau menyalahkan Bobotoh karena Bobotoh adalah bagian dari Persib," tutur Umuh.

Sejak ikut serta pada ajang Indonesia Soccer Championship (ISC), Persib hanya mampu menang satu kali dan empat kali imbang. Maung Bandung kini di peringkat ke-8 Klasemen Sementara TSC 2016, tertinggal tiga poin dari pimpinan sementara klasemen, Arema Cronus.

Salah satu kekesalan bobotoh adalah kengototan Dejan untuk selalu memainkan Kim Kurniawan secara full-time tanpa pernah diganti, meski sang pemain menunjukkan performa tidak bagus di lapangan.

Dejan juga tampak ngotot terus memaksakan striker Juan Belencoso sebagai starter, meski permainannya belum memuaskan.

Ketua Umum Viking, Heru Joko, membenarkan banyak bobotoh yang mendesak agar Dejan Antonic dipecat. Menutut Joko, desakan tersebut merupakan ungkapan kekesalan Bobotoh karena hasil imbang yang didapat Persib saat bermain di kandang.

"Kalau saat bermain tandang wajar kalau seri. Tapi kalau bermain di kandang ya Persib harus menang," ujar Heru.

"Apalagi Persib sudah juara ISL dan Piala Presiden, jadi wajar kalau ekspektasi Bobotoh sangat tinggi kepada Persib. Bobotoh sangat berharap Persib bisa menang," tambahnya.

Dejan sendiri mengakui adanya tekanan bobotoh. Ia menilainya sebagai hal yang wajar. Pelatih asal Serbia itu mengatakan, tekanan dalam memimpin sebuah klub merupakan kondisi yang wajar.

"Kerja saya seperti ini, ada orang yang pikir saya bagus dan tidak. Dalam sepak bola bukan hanya saya karena Jose Mourinho dan Louis van Gaal juga mengalaminya," ucap Dejan seusai pertandingan.

Dejan pun membuka diri untuk menerima beragam kritikan. Namun, dia menegaskan bahwa kedatangannya ke Persib tak lain untuk menjaga harga diri Persib sebagai jawara sepak bola Indonesia.

"Saya orang jujur, saya bersih, setiap hari latihan, saya serius mau bantu Persib untuk sukses. Saya terima komentar bagus dan jelek," ujarnya.

Jika Dejan dipecat, kemungkinan Persib memulangkan Djadjang Nurdjaman yang kini sedang di Italia guna mendalami ilmu sepakbola.

Dejan pun akan menjadi pelatih asing ke-7 yang dipecat Persib sebelum kontraknya berakhir. Sejauh ini belum ada satu pelatih asing pun yang mampu mempersembahkan prestasi juara bagi Maung Bandung. 

Dejan Antonic merupakan pelatih asing yang kedelapan yang menangani Tim Pangeran Biru. Tujuh pelatih yang pernah singgah di Persib tersebut adalah Marek Janota/Polandia (1982), Marek Andre Sledzianowski/Polandia (2003), Juan Antonio Paez/Cile (2003-2004), Arcan Iurie Anatolievici/Moldova (2006-2007), Darko Daniel Janackovic/Serbia (2 bulan di tahun 2010), Jovo Cuckovic/Serbia (2010), dan Drago Mamic/Kroasia (2011).

Dari tujuh nakhoda asing tersebut, hanya Juan Paez yang mampu menyelesaikan tugasnya hingga akhir musim. Enam pelatih lain tidak tuntas sesuai kontrak lantaran didepak manajemen dan ada yang mengundurkan diri di tengah kompetisi. Juan Paez hanya mampu menyelamatkan Persib dari degradasi.*

» Thanks for reading: Persib Bandung Pertimbangkan Pecat Dejan Antonic
Sepakbola Magz Updated at: 10:51:00 AM

1 comments:

  1. serius banget? ini cuma kompetisi kopi tarkam nasional, kali aja dejan lagi persiapan? buat ikut kompetisi asli PSSI nanti, kalo buru2 pulangin djanur kasian juga dianya udah jauh2 dateng

    ReplyDelete