Marquez dan Dovizioso Ungkap Penyebab Jatuh Bersamaan di MotoGP Le Mans 2016

Posted by Sepakbola Magz on Tuesday, May 10, 2016

Marquez dan Dovizioso Ungkap Penyebab Jatuh Bersamaan
Marquez dan Dovizioso Ungkap Penyebab Jatuh Bersamaan di MotoGP Le Mans Prancis 2016 

MotoGP Update -- Insiden "unik" terjadi di race MotoGP Le Mans Prancis, Minggu (8/5/2016). Andrea Dovizioso (Ducati) dan Marc Marquez (Repsol Honda) mengalami insiden jatuh secara bersamaan pada lap ke-16 tikungan ketujuh di GP Prancis, saat keduanya bersaing merebut posisi tiga di belakang Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang memimpin balapan.

Menurut pengamat MotoGP, Matteo Guerinoni, yang menjadi komentator siaran langsung MotoGP di Trans7, Dovizioso dan Marquez berusaha terlalu keras memacu sepeda motornya setelah dilewati Valentino Rossi pada lap keenam.

Saat kedua pebalap itu jatuh, mereka berada di racing line yang sama, mengindikasikan mengalami hal yang serupa. Dari siaran ulang, kedua pebalap itu terlihat kehilangan grip pada ban depan.

"Alasannya cuma satu karena mereka itu kan pakai Michelin. Ban ini tidak ada tanda kalau sudah over limit beda seperti Bridgestone yang kasih warning sebelum hilang (traksi). Jadi mereka itu harus terbiasa dengan karakter ban ini,” kata Matteo kepada Kompas Otomotif.

Ketika Rossi mendahului keduanya, kelihatan sekali The Doctor tidak berusaha menjauh dari kejaran Dovizioso dan Marquez dengan hanya berusaha seimbang. 

Hal berbeda dilakukan Dovizioso dan Marquez yang tampak memaksa lebih cepat dari sebelumnya sebab dalam posisi mau mengejar.

Marquez sendiri menyatakan dirinya kehilangan keseimbangan sehingga jatuh. "Sejujurnya saya membalap dengan baik, karena kami punya banyak masalah akhir pekan ini. Tapi saya hampir saja meraih podium. Itu target utamanya dan hasil yang terbaik musim ini. Tapi tiba-tiba, di tikungan kelima, saya kehilangna keseimbangan di bagian depan," kata Marquez dikutip Crash.

Marquez menyangkal kalau insiden itu berkaitan dengan terjatuhnya pembalap Ducati yang ada di depannya, Andrea Dovizioso, yang jatuh hampir bersamaan dengan Marquez.

"Saya menyadari, Dovizioso telah jatuh ketika saya sudah di terjatuh duluan. Jadi itu tidak berhubungan. Tapi begitulah, itu menjadi menarik karena kami mengalami hal yang sama di waktu yang hampir bersamaan," ujar Marquez.

Dovizioso sendiri mengakui dirinya agak memaksakan diri sehingga jatuh.

"Anda tidak pernah merasa Anda melewati batas, tetapi jika Anda mem-push lebih sedikit, itu bisa terjadi," kata Dovizioso.

"Saya dan Marc jatuh dengan cara yang sama, seperti semua pembalap lain, tetapi itu sama dengan semua orang. Semua orang dapat mengendalikan karakteristik ini. Ini bukan masalah," jelasnya.*

» Thanks for reading: Marquez dan Dovizioso Ungkap Penyebab Jatuh Bersamaan di MotoGP Le Mans 2016
Sepakbola Magz Updated at: 11:03:00 AM

0 comments:

Post a Comment