PSSI: ISC Batal Digelar, ISL Segera Bergulir

Posted by Sepakbola Magz on Wednesday, March 9, 2016

ISL Segera Bergulir
Sepakbola Magz -- Turnamen Indonesia Soccer Championship (ISC) dipastikan batal digelar karena PSSI sudah menginstruksikan PT Liga Indonesia untuk segera menyiapkan kompetisi reguler Liga Super Indonesia (ISL) 2016.

ISC sebagai pengganti ISL dijadwalkan mulai bergulir 15 April 2016 yang diikuti 18 klub ISL. 

Namun, karena Kasasi Kemenpora soal SK 01307 tentang sanksi administratif kepada PSSI ditolak Mahkamah Agung (MA), maka turnamen tersebut dibatalkan.

Dengan penolakan MA itu, maka keberadaan SK pembekuan itu batal secara hukum dan kegiatan PSSI dengan otomatis berjalan kembali seperti semula.

"Prastis ICS batal digelar. Dan saya sudah instruksikan kepada CEO Liga Indonesia, Joko Driyono, untuk segera menyiapkan ISL," kata Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mahmud Mattalitti, Selasa (9/3/2016), seperti dikutip inilah.

Terkait izin penyelengaraan, La Nyalla mengungkapkan, pihak kepolisian akan memberikan izin jika permasalahan hukum sudah inkracht (berkekuatan hukum tetap).

"Sebelumnya beliau (pihak kepolisian) sudah menyampaikan jika persoalan hukum ini sudah inkracht, maka akan memberikan izin," jelasnya.

Meski demikian, pihak Kemenpora masih bisa melakukan satu langkah hukum lagi, yakni mengajukan PK (Peninjauan Kembali) ke Mahkamah Agung.

ISL 2015/2016 yang baru menggelar beberapa pertandingan terhenti akibat pembekuan PSSI oleh Kemenpora. Indonesia pun mendapatkan sanksi FIFA karena adanya campur tangan pemerintah terhadap dunia persepakbolaan.*

» Thanks for reading: PSSI: ISC Batal Digelar, ISL Segera Bergulir
Sepakbola Magz Updated at: 8:28:00 AM

0 comments:

Post a Comment