Stadion GBLA Resmi Diserahkan kepada Pemkot Bandung

Posted by Sepakbola Magz on Wednesday, February 10, 2016

Stadion GBLA Resmi Diserahkan kepada Pemkot Bandung
Sepakbola Magz -- Bareskrim Mabes Polri menyerahkan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung Rabu (10/2/2016).

Penyerahan stadion bertaraf internasional yang bakal menjadi homebase Persib Bandung ini ditandai dengan pertemuan Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Anang Iskandar bersama pemerintah Kota Bandung. 

"Mulai hari ini (Rabu 10 Februari 2016) sebagai tanda penyerahan kembali ke Pemkot Bandung," kata Anang Iskandar di Stadion GBLA saat meninjau kondisi fisik stadion, Rabu (10/2/2016) bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, serta Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Moechgiyarto, 

Anang menjelaskan, status Stadion GBLA masih dalam tingkat penyidikan. "GBLA masih dalam tingkat penyidikan. Pengecekan kondisi hari ini," ucapnya.

Untuk memeriksa kondisi stadion, polisi membawa tim ahli dari berbagai disiplin ilmu sebanyak 12 orang. "Tim ahli merekam kondisi gedung ini," ujarnya.

Dijelaskannya, pemeriksaan kondisi Stadion GBLA akan menghabiskan waktu paling sedikit satu hingga dua pekan ke depan. Setelah itu, penyerahan secara resmi akan dilakukan.

"Resminya nanti setelah pemeriksaan dilakukan. Kita serahkan ke wali kota untuk melakukan perbaikan-perbaikan," jelasnya.

Ia menambahkan, proses hukum mengenai kasus dugaan korupsi dana pembangunan Stadion GBLA masih berlanjut. Penyerahan stadion dilakukan demi kepastian hukum dan agar kembali bisa dipergunakan.

"Intinya kami mendukung pusat dan daerah agar stadion bisa dimanfaatkan masyarakat khususnya masyarakat Bandung," ujarnya.

Namun, Anang belum bisa menyimpulkan soal kerawanan stadion. "Nanti akan ketahuan dengan MCO ini, apakah layak atau tidak untuk dipergunakan. Yang jelas, ini menandai dimulainya perbaikan Stadion GBLA," tandas Anang.

Nasib Stadion GBLA menjadi tidak pasti akibat dugaan korupsi dana pembangunan. Mabes Polri sudah menetapkan sejumlah tersangka. Kondisi bangunan stadion banyak yang amblas dan retak karena konstruksi bangunan tidak sesuai dengan ketentuan.

Sebelum penyerahan dilakukan, Bareskrim Polri melarang penggunan Stadion GBLA karena berisiko membahayakan (roboh) karena banyaknya retakan dan amblas. Di sisi lain, Pemkot Bandung dan Pemrov Jabar menginginkan Stadion GBLA menjadi venue pembukaan PON XVI Jabar 2016.

Kondisi Fisik Stadion GBLA Memprihatinkan

Stadion GBLA retak
Dalam pemeriksaan Rabu (10/2/2016), kondisi fisik Stadion GBLA tampak memprihatinkan. Padahal, stadion berkapasitas 38.000 penonton itu belum sempat digunakan digunakan untuk menggelar ajang olahraga besar.

Dari pantauan tersebut, sejumlah bagian bangunan terlihat mengalami keretakan. Bahkan, ada rekahan besar di bagian pintu masuk utama stadion.

Kondisi itu disebabkan fondasi bangunan bergeser lantaran tanah yang digunakan merupakan lahan bekas rawa yang labil.

Kepala Satuan Kerja Perumahan Dinas Pemukiman dan Perumahan Provinsi Jawa Barat Priyo Susilo menunjukan sejumlah kerusakan.

"Ada penurunan tanah ke bawah dan lateral ke samping. Tanah bergeser," kata Priyo sambil menunjukan rekahan di bagian lantai di pintu utama stadion.

"Kalau dia bergeser terlalu jauh, terlalu lari, nanti menggangu rumah sebelah, bisa retak," tambahnya.

Priyo yang menjadi ketua tim ahli kasus dugaan korupsi GBLA bentukan Bareskrim mengatakan, posisi bangunan amblas dan menyebabkan retakan dengan ukuran 30-75 sentimeter.

Dia menjelaskan, dalam proses pembangunan ada pasal yang mengatur tentang konstruksi. Dalam pasal itu, lanjutnya, kontraktor mesti memperbaiki bangunan yang rusak sesuai desain awal.

"Kalau tidak suspect itu gagal kontruksi. Kontraktor jadi wajib memperbaiki kembalikan ke gambar atau kontrak. Kalau tidak mau, itu melanggar hukum," jelasnya. (Kompas/Tribun Jabar/Bandung Aktual).*

» Thanks for reading: Stadion GBLA Resmi Diserahkan kepada Pemkot Bandung
Sepakbola Magz Updated at: 11:05:00 PM

0 comments:

Post a Comment