Presiden Perintahkan Menpora Cabut Pembekuan PSSI

Posted by Sepakbola Magz on Wednesday, February 24, 2016

Pembekuan PSSI
Sepakbola Magz -- Presiden Joko Widodo memerintahkan Menpora Imam Nahrawi untuk mencabut SK Pembekuan PSSI.

Perintah itu dikemukakan Presiden usai pertemuan dengan Ketua Komite Ad Hoc Reformasi PSSI Agum Gumelar di Istana Negara Rabu (24/2/2016).

Dilansir Antara, dalam pertemuan yang berlangsung pukul 16.30 WIB itu, Presiden Jokowi memberikan arahan kepada Menpora agar dalam satu-dua hari ke depan mengkaji kemungkinan rencana pencabutan pembekuan PSSI.

Presiden Jokowi dalam pertemuan yang dihadiri Menpora dan Wakil Presiden Jusuf Kalla itu juga mengizinkan Agum Gumelar untuk melaporkan hasil pertemuan kepada FIFA. 

Menurut Agum Gumelar, keputusan rencana pencabutan pembekuan PSSI ini akan segera disampaikan kepada FIFA yang akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) FIFA pada 26 Februari 2016.

"Kabar baik. Kabar baiknya PSSI akan diaktifkan kembali. Kata Presiden segera dicabut (SK pembekuan PSSI)," kata Agum.

Pihak Kemenpora menyarakan, ada beberapa syarat agar pemerintah bisa mencabut pembekuan PSSI. Salah satunya adalah melakukan Kongres Luar Biasa (KLB) secepatnya.

"Dalam standing point Menpora, akan tetap dikaji dalam berbagai aspek dan juga tetap mengedepankan esensi reformasi/pembenahan tata kelola sepak bola nasional," ujar juru bicara Kemenpora Gatot S Dewa Broto seperti dikutip Sindonews.

"Seandainya pilihan pencabutan pembekuan tersebut diambil, pemerintah akan menyertakan sejumlah persyaratan. Termasuk persyaratan KLB yang tadi juga sudah disepakati Agum Gumelar. Agum minta satu tahun, tetapi Menpora dalam rencana kajiannya akan minta enam bulan (lebih cepat)," tambahnya.

PSSI dibekukan pemerintah melalui SK Kemenpora pada April 2015 setelah organisasi sepakbola tanah air tersebut tidak menghiraukan tiga surat peringatan yang dikeluarkan Kemenpora. Tiga surat peringatan itu muncul lantaran PSSI tidak mematuhi rekomendasi BOPI soal status kompetisi serta Persebaya dan Arema.

Pembekuan tersebut dinilai FIFA sebagai bentuk campur tangan pemerintah pada kegiatan sepakbola, suatu hal yang sangat diharamkan oleh organisasi yang ketika itu masih dipimpin Sepp Blatter. Pada akhirnya FIFA menjatuhkan sanksi pada Indonesia.*

» Thanks for reading: Presiden Perintahkan Menpora Cabut Pembekuan PSSI
Sepakbola Magz Updated at: 8:23:00 PM

0 comments:

Post a Comment