Stoke City vs Manchester United: Statistik Bukan Penentu Kemenangan

Posted by Sepakbola Magz on Saturday, December 26, 2015

Stoke City vs Manchester United
Sepakbola Magz -- Laga Boxing Day Liga Inggris Stoke City vs Manchester United akan tersaji di Britannia Stadium Sabtu (26/12/2015) Pkl. 19.45 WIB. 

Berbagai data statistik dan prediksi menunjukkan MU bakal menang. Namun, prediksi paling jitu adalah MU akan menguasai jalannya pertandingan sebagai gambaran kualitas pemain United berada di atas rata-rata pemain tuan rumah Stoke City.

Ball Possession atau penguasaan selalu dipegang United dalam hampir semua laga. Namun, ball possession bukan penentu kemenangan. 

Dalam delapan laga terakhir, misalnya, United selalu mengendalikan jalannya laga, namun imbang bahkan kalah dalam tiga pertandingan terakhirnya.

Kita simak misalnya 10 fakta (match fact) menarik Stoke City vs Manchester United seperti dilansir Eurosport:
  1. Stoke City hanya menang sekali dalam 14 laga Premier League terakhir melawan MU (menang 1, imbang 2, kalah 11). Namun, The Potters hanya kalah sekali dalam 4 laga kandang terakhir melawan Setan Merah (menang 1, imbang 2, kalah 1).
  2. Stoke tak pernah menorehkan clean sheet setiap berhadapan dengan MU di Premier League.
  3. Stoke menang 3 kali dan kalah 3 kali dalam 7 laga Premier League terakhir di Boxing Day.
  4. MU sukses menang 18 kali dalam 19 laga Premier League di Boxing Day (menang 18 kalah sekali).
  5. Striker MU, Wayne Rooney selalu mencetak gol dalam Boxing Day di 2 tahun terakhir (2 gol vs Newcastle United di 2014, dan satu gol vs Hull City di 2013.
  6. Rooney hanya mencetak 2 gol dalam 1.140 menit terakhir di Premier League (rasio 1 gol tiap 570 menit). Rasio itu 2 kali lipat lebih dibandingkan 13 musim sebelumnya di Premier League.
  7. Stoke tidak kebobolan di 7 laga dari 10 pertandingan terakhir Premier League. Namun, The Potters selalu kebobolan 2 gol dalam 3 pertandinagn lainnya di periode ini.
  8. MU gagal menang dalam 6 pertandingan terakhir di semua kompetisi (kalah 3, imbang 3). Fenomena ini kali terakhir terjadi di Desember 1998, di musim mereka meraih treble winners.
  9. Rata-rata MU hanya mampu mencetak 1,29 gol per pertandingan di Premier League musim ini. Ini menjadi rasio terendah sejak 1989-90 (1,21 gol per pertandingan).
  10. Manajer Stoke, Mark Hughes tak terkalahkan dalam 3 partai Premier Leageu pertama melawan MU (menang 2, imbang 1). Namun, sejak itu. Hughes hanya mampu menang sekali dalam 14 pertemuan dengan Setan Merah (menang 1, imbang 3, kalah 10).
Ke-10 fakta atau statistik pertemuan Stoke City vs Manchester United di atas tidak berarti banyak bagi hasil akhir pertandingan. 

Penyebabnya tidak lain adalah konsistensi MU, tepatnya kemandulan United dalam mencetak gol. Unggul statistik dan penguasaan bola bukan jaminan Setan Merah akan menang.

Para pemain MU harus lebih berani melakukan tendangan ke arah gawang di luar kotak penalti --satu hal yang jarang dilakukan selama ini.

Statistik, penguasaan bola, dan sepakbola indah (main cantik) bukan penentu kemenangan atau hasil akhir. Raihan poin pertandingan tetap saja ditentukan oleh gol atau skor. (Opini).*

» Thanks for reading: Stoke City vs Manchester United: Statistik Bukan Penentu Kemenangan
Sepakbola Magz Updated at: 5:04:00 PM

0 comments:

Post a Comment