Persib Bandung Sayangkan Komentar Firman Utina

Posted by Sepakbola Magz on Saturday, December 5, 2015

Firman Utina
Pernyataan Firman Utina dinilai keliru, mencoreng nama baik Persib, dan membuat suasana tim menjadi tidak harmonis.

Sepakbola Magz -- Firman Utina buka-bukaan kepada media soal kontrak yang dinilainya merugikan pemain. Menanggapi hal itu, manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) menyayangkan komentar Firman yang dinilai keliru sehingga menimbulkan polemik.

Dilansir situs resmi Persib, Komisaris PT PBB, Kuswara S. Taryono, mengatakan, tidak benar jika PT PBB tidak memberikan gaji kepada pemain, termasuk Firman Utina, selama Piala Presiden. 

Bahkan, menurut Kuswara, pihak manajemen sudah menyelesaikan semua kewajiban kepada pemain, seperti pembayaran bonus dan hak pemain lainnya.

Kuswara juga menjelaskan pasal-pasal dalam kontrak bukan hal yang baru dan sudah seperti kontrak pemain dan klub pada umumnya. Oleh karena itu, jika memang ada pasal yang tidak sepakat bisa dibicarakan, tidak perlu bicara kepada media atau umum. 

Apalagi asas dalam pembuatan kontrak itu bebas, sehingga nanti produknya bergantung pada kesepakatan kedua belah pihak. Selain itu, mayoritas pemain Persib juga sudah melakukan tanda tangan kontrak.

"Jadi peryataan Firman kurang tepat. Tidak ada pasal yang memberatkan seperti yang disampaikan Firman. Tapi mungkin, lebih kepada tata tertib dan itu pun harus dibaca secara menyeluruh tidak pasal per pasal, karena akan lain penafsirannya. Kontrak ini tidak jauh berbeda dengan kontrak sebelumnya. Hanya berbeda pada durasi dan nilai kontrak saja," kata Kuswara.

Kuswara menyampaikan terima kasih kepada Firman dan pemain lainnya yang sudah berkontribusi buat Persib selama ini.

"Dulu Ferdinand Sinaga pindah ke Sriwijaya FC sempat ramai juga. Tapi lama kelamaan bobotoh juga akhirnya tahu informasi yang sebenarnya," katanya.

Kuswara juga menegaskan, pernyataan Firman yang muncul di media dalam dua hari terakhir ini telah merugikan nama baik Maung Bandung sehingga membuat suasana tim menjadi tidak harmonis. 

Padahal, kata dia, persoalan kontrak yang disodorkan kepada semua pemain sama dengan kontrak untuk pemain saat Indonesia Super League (ISL) 2015 dan hanya berbeda pada durasi dan nilai kontrak.

"Pasal itu tidak berubah, Firman juga menandatanganinya saat tanda tangan kontrak musim lalu. Saat itu tidak ada masalah. Durasi (kontrak) sekarang tiga bulan, dari November (2015) sampai Februari (2016). Memang Firman salah satu yang tidak menandatangani kontrak pada turnamen Piala Jenderal Sudirman," ucapnya.

Kuswara menegaskan, meskipun tidak dikontrak, Firman dan beberapa pemain lainnya tetap akan mendapatkan gaji. Menurutnya, PT PBB sudah ada niat untuk membayar keringat Firman dan pemain lainnya sesuai dengan ketentuan yang ada.

Di sisi lain, Pelatih Djadjang Nurdjaman yakin timnya tidak terpengaruh ditinggalkan pilar-pilar utamanya. Djadjang mengatakan, hujan pun ada redanya. "Masa sulit ini pun akan ada akhirnya," jelasnya seperti dikutip situs resmi klub.

Djanur mengajak para pemain yang ada untuk tetap sabar dalam menatap kondisi tim kedepan. Ia juga mengajak pemainnya untuk tetap berpandangan positif.

"Saya mohon kesabaran mereka dari situasi sepakbola sekarang. Kita berpikir positif saja, pasti ada solusi seperti falsafah hidup, ada siang ada malam. Saya pikir begitu. Tidak ada persoalan yang tidak terselesaikan,” katanya.

Djanur mengakui, ditinggal pindah sejumlah pemain sangat berpengaruh besar, apalagi mereka pemain yang sering menjadi pilihan utama dalam setiap laga.

"Sudah saya upayakan mempertahankan pemain, terutama yang lokal. Kalau pemain asing, saya sangat mengerti karena memang buat mereka ini sangat merugikan. Yang sudah pamitan sama saya ada lima pemain, tiga asing dan dua lokal, Firman (Utina) dan Abd (Abdul Rahman)," ucapnya.

Tiga pemain asing yang dimaksud adalah Vladimir Vujovic, Makan Konate, dan Ilija Spasojevic. Djadjang membantah alasan lima pemain itu pamit lantaran hubungan tidak harmonis antara para pemain itu dengan pihak manajemen.

"Saya ini melihat dari situasi sepakbola kita. Saya tak menyoroti ada apa-apa di Persib. Ada sedikit masalah tapi masih bisa diselesaikan. Ini mungkin karena situasi yang tidak menentu dari sepakbola kita,” ungkapnya.*

» Thanks for reading: Persib Bandung Sayangkan Komentar Firman Utina
Sepakbola Magz Updated at: 8:55:00 PM

0 comments:

Post a Comment