Banding ke CAS, Rossi Berpeluang Start Normal di MotoGP Valencia 2015

Posted by Sepakbola Magz on Sunday, November 1, 2015

Valentino Rossi
MotoGP Update -- Valentino Rossi melakukan banding ke pengadilan arbitrase olahraga Court of Arbitration for Sport (CAS) atas insiden "Sepang Crash" di MotoGP Malaysia yang berbuah sanksi start terbelakang di MotoGP Valencia 8 November 2015.

Upaya itu dilakukan setelah banding ke (Federation of International Motorcycling (FIM) gagal. Dengan banding ke CAS, pebalap Movistar Yamaha ini berharap bisa start dengan posisi normal hasil kualifikasi di seri pamungkas MotoGP 2015 di Valencia sekaligus menjaga peluang tampil sebagai juara MotoGP musim ini.

Jika banding terbaru ini diterima CAS, hukuman tiga penalti poin bagi The Doctor  bisa dibatalkan atau setidaknya ditunda sampai proses banding selesai.

"Pembalap MotoGP asal Italia, Valentino Rossi telah mengajukan banding di Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS) atas keputusan stewards FIM yang 'memaksakan 3 poin penalti pada catatan (Valentino Rossi) atas insiden dengan pembalap lain selama lomba di Shell Malaysia Motorcycle Grand Prix yang diadakan pada 25 Oktober 2015," demikian pernyataan CAS dalam rilisnya seperti dikutip laman Crash (30/10).

"Dalam banding ke CAS, Mr Rossi berusaha melakukan pembatalan hukuman, atau setidaknya pengurangan dari 3 poin ke 1. Bersama dengan kepentingan itu, Mr Rossi telah mengajukan permohonan mendesak untuk pengumuman keputusan agar tidak kehilangan tempatnya di starting grid depan (di GP Valencia) di seri terakhir yang akan digelar di Valencia/Spanyol pada 6-8 November dengan tahun 2015," ujar pihak CAS.

Karena hukuman bagi Rossi atas insiden dengan Marc Marquez di MotoGP Malaysia bukan pengurangan poin klasemen pebalap, maka apa pun keputusan CAS tak akan mempengaruhi hasil akhir MotoGP musim ini, termasuk hasil MotoGP Valencia.

Jika nantinya banding ini diterima dan keputusan bakal diumumkan setelah akhir musim, meskipun Rossi tetap dijatuhi hukuman tiga poin penalti, maka Rossi bakal diganjar 3 poin penalti berupa start dari belakang di seri pembuka MotoGP 2016 di Qatar.

Diperkirakan keputusan banding Rossi diumumkan CAS Jumat 6 November 2015 atau sebelum sesi latihan bebas MotoGP Valencia 2015 dimulai.

Sebelumnya, setelah menolak banding Rossi, FIM menyampaikan surat terbuka kepada tim, pebalap, dan sponsor MotoGP. FIM berharap di seri pamungkas MotoGP di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, berlangsung seru dan setiap pembalap yang turun di lintasan dapat beraksi secara fair.

"Atas nama FIM dan semua orang yang berusaha melakukan yang terbaik untuk hasil kejuaraan (musim ini), saya berharap agar pada putaran berikutnya yang jadi seri terakhir di Valencia para pembalap akan berjuang di atas lintasan dengan sepenuhnya menghormati semangat fair play," tulis Presiden FIM, Vito Ippolito, seperti dilansir Crash (29/10).

Seri terakhir MotoGP 2015 berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol 6-8 November 2015. Rossi masih memimpin klasemen sementara dengan 312 poin, unggul 7 poin dari Jorge Lorenzo di posisi dua dengan 305 poin. Marquez di posisi ketiga dengan 222 poin.*

» Thanks for reading: Banding ke CAS, Rossi Berpeluang Start Normal di MotoGP Valencia 2015
Sepakbola Magz Updated at: 8:08:00 AM

0 comments:

Post a Comment