Final Piala Presiden 2015: Pengamanan Bobotoh Persib Super Ketat

Posted by Sepakbola Magz on Friday, October 16, 2015

Bobotoh Persib
Polisi menjamin keamanan suporter Persib Bandung dalam Final Piala Presiden 2015 di SU GBK Senayan Minggu (18/10/2015). Polisi juga memantau provokasi di media sosial.

Sepakbola Magz -- Kepolisian memberikan jaminan keselamatan bagi superter Persib Bandung (bobotoh) dengan memberikan pengawalan ketat saat berangkat dan pulang dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta.

Dilansir situs resmi Persib, puluhan ribu bobotoh akan memberi dukungan buat Maung Bandung dalam final Piala Presiden 2015 versus Sriwijaya FC, Minggu (18/10/2015), di SU GBK Jakarta, pukul 19.00 WIB. (Siaran Langsung Indosiar).

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Moechgiyarto mengatakan, pihaknya bersama Polda Metro Jaya dan TNI sudah melakukan koordinasi.

Pengamanan dilakukan supaya tidak terjadi gesekan saat melintasi titik-titik basis pendukung Persija Jakarta, The Jakmania.

"Ada dua hal nanti yang harus kita amankan. Yang pertama adalah kita melekatkan anggota personil Polri berada pada bus untuk pengawalan dan pengamanan," kata Moechgiyarto.

Dijelaskannya, dari start keberangkatan dari Bandung menuju SUGBK dan kembali ke tempat masing-masing, bobotoh akan didampingi pihak keamanan.

"Kita juga sudah menempatkan petugas Polri baik berpakain dinas maupun berpakaian preman yang akan mengamanakan semua rute perjalanan yang akan dilalui rombongan bobotoh berangkat ke sadion. Sebanyak 5.510 personil kurang lebih baru dari kepolisian, belum dari TNI bisa betambah," imbuhnya.

Pengamaman bobotoh juga dilakukan di dalam stadion. Tribun Timur dan Utara dialokasikan untuk bobotoh Persib. Bobotoh bisa masuk stadion melalui Plaza Timur, Silang Timur Laut, Plaza Utara, atau Silang Tenggara.

Bobotoh yang akan membeli tiket langsung di stadion pun, panitia pelaksana pertandingan menyiapkan loket tiket di pintu masuk.

Promotor turnamen awalnya menyiapkan sebanyak 30 ribu tiket untuk bobotoh namun tingginya animo bobotoh yang akan berangkat, membuat penambahan kuota menjadi 50 ribu.

Demi kelancaran dan keamanan final Piala Presiden 2015, pihak kepolisian juga memantau media sosial guna mencegah terjadinya bentrokan antara pendukung Persib atau Bobotoh dengan The Jakmania.

"Kita lakukan patroli di dunia maya," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Hendro Pandowo seperti dikutip Sindo News.

"Kita sebelumnya sudah berkoordinasi dengan semua pihak. Kita akan lakukan tindakan pencegahan. Meski begitu kita optimistis tidak akan terjadi keributan. Masing-masing bisa saling menjaga sportivitas," tambahnya.

Sebelumnya, pihak Bobotoh sudah berjanji tidak akan membuat keributan selama di Jakarta. Mereka sudah membuat surat perjanjian yang ditandatangani oleh perwakilan Bobotoh se-Jawa Barat.*

» Thanks for reading: Final Piala Presiden 2015: Pengamanan Bobotoh Persib Super Ketat
Sepakbola Magz Updated at: 8:37:00 PM

0 comments:

Post a Comment