Final Piala Presiden 2015 di GBK, Polisi Tetapkan Jakarta Siaga 1

Posted by Sepakbola Magz on Saturday, October 17, 2015

Persib Bandung vs Sriwijaya FC
Penyerangan bus Sabtu dinihari menjadi "peringatan diri" tentang potensi serangan Jakmania atas suporter Persib.

POLDA Metro Jaya menetapkan Jakarta dalam Status Siaga 1 menjelang final Piala Presiden 2015 Persib Bandung vs Sriwijaya FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK) Senayan Jakata Minggu (18/10/2015).

Status Siaga 1 Jakarta dimulai sejak Sabtu tengah malam dan akan berakhir pada Minggu (18/10) pukul 24.00 WIB sebelum menginjak hari Senin (19/10).

Dilansir detik.com, Polda Metro Jaya menggelar apel siaga Sabtu (17/10/2015) pukul 07.00 WIB. Apel yang dipimpin Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Risyapudin Nursin, itu diikuti sekitar 2.000 personel.

"Apel ini dalam rangka fungsi lalu lintas saja. Apel siaga satu sebelumnya sudah dilakukan pada Jumat (16/10) pukul 24.00 WIB. Sekarang, kita menggunakan 2/3 anggota yang akan disiagakan, jauh lebih banyak dari yang biasa," tutur Kepala Sub Direktorat Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Dirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Ipung Purnomo.

Gladi pengamanan dilakukan di kawasan Stadion Gelora Bung Karno pukul 09.00 WIB. Pukul 19.00 WIB Sabtu malam digelar apel menyambut rombongan suporter Persib Bandung.

Final Piala Presiden 2015 mempertemukan Persib Bandung vs Sriwijaya FC. Siaga 1 diberlakukan guna mengantisipasi bentrokan suporter Persib dengan pendukung Persija Jakarta (Jakmania) yang kerap menyerang bobotoh Persib jika melewati atau berada di Jakarta.

Pada Sabtu dinihari, sejumlah orang yang diduga Jakmania menyerang bus asal Bandung di Tol Cawang yang menyebabkan bus rusak parah. Sebelumnya sejumlah "oknum" Jakmania juga melakukan razia dan aksi sweeping terhadap kendaraan berplat D di kawasan Senayan dan Jalan Tol Dalam Kota.

Penyerangan tersebut menjadi "peringatan diri" akan potensi serangan Jakmania atas suporter Persib, meski perwakilan suporter Persib, Jakmania, dan polisi sebelumnya sudah bertemu dan bersepakat menjaga suasana kondusif.*

» Thanks for reading: Final Piala Presiden 2015 di GBK, Polisi Tetapkan Jakarta Siaga 1
Sepakbola Magz Updated at: 1:52:00 PM

0 comments:

Post a Comment