Liga Seri B Italia Perkenalkan Kartu Hijau Wasit untuk Pemain

Posted by Sepakbola Magz on Saturday, September 5, 2015

Liga Seri B Italia Perkenalkan Kartu Hijau
Wasit akan memberikan kartu hijau bagi pesebakbola yang dinilai melakukan tindakan sportif.

Sepakbola Magz -- Liga Seri B Italia menerapkan kartu hijau (green card) mulai pekan depan, selain kartu kuning dan kartu merah, bagi pemain sepakbola.

Wasit akan memberikan kartu hijau bagi pemain yang dinilai melakukan tindakan sportif atau fairplay.

Dilansir Fox Sports, akumulasi kartu hijau akan dihitung di akhir musim dan penerima kartu hijau terbanyak akan diberi penghargaan.

Inovasi kartu hijau ini merupakan bagian dari kampanye terbaru badan sepakbola Eropa (UEFA).

"Ini semua mengenai penghargaan kepada para pemain yang menonjol di antara yang lainnya melalui tindakan-tindakan positif sepanjang permainan dan dalam olahraga secara umum,” ujar Presiden Serie-B Italia, Andrea Abodi.

Seorang pemain akan mendapatkan kartu pujian itu jika misalnya ia membuang bola untuk menghentikan permainan ketika ada pemain lawan yang cedera atau mengakui melakukan pelanggaran ketika tidak seorang pun melihatnya.

Sebagai contoh, aksi Paolo Di Canio yang menangkap bola di depan kotak penalti lawan saat melihat kiper cedera, bisa diberi penghargaan kartu hijau.

Contoh lain, jika ada pemain yang mengaku dirinya melakukan pelanggaran ataupun mengaku tidak dilanggar orang pemain lawan. Seorang pemain yang mengaku terjatuh di kotak penalti bukan karena dilanggar bisa mendapatkan kartu hijau, berbeda dengan aksi diving yang bisa kena kartu kuning.

Presiden UEFA Michel Platini, bahkan pernah mengusulkan penggunaan kartu putih. Hal itu akan membuat para wasit dapat membatasi penggunaan kartu kuning dengan mengeluarkan para pemain secara temporer.

Penerapan kartu hijau di sepakbola diharapkan bisa meningkatkan perilaku terpuji dan sportif para pemain.*

» Thanks for reading: Liga Seri B Italia Perkenalkan Kartu Hijau Wasit untuk Pemain
Sepakbola Magz Updated at: 1:52:00 PM

0 comments:

Post a Comment