Piala Indonesia Satu Berubah Nama Menjadi Piala Presiden

Posted by Sepakbola Magz on Tuesday, August 4, 2015

Sepakbola Piala Presiden 2015
Perubahan nama turnamen menjadi Piala Presiden karena PSSI sudah menetapkan ajang ini sebagai turnamen resmi pramusim kompetisi ISL 2015/2016. 

Sepakbola Magz -- Promotor turnamen Piala Indonesia Satu (PIS), Mahaka Sport and Entertainment, mengubah nama turnamen menjadi Piala Presiden. Hal itu diketahui setelah Mahaka mengirimkan surat pemberitahuan kepada klub-klub peserta, termasuk Persib Bandung.

Dilansir situs resmi klub, Selasa (4/8/2015), surat tersebut diterima manajemen Persib tiga hari lalu. Secara resmi, nama turnamen berubah menjadi Piala Presiden.

Dalam surat juga diberitahukan jadwal pembukaan dan laga perdana babak penyisihan grup. Pembukaan turnamen Piala Presiden akan dipusatkan di Bali yang dibuka langsung oleh Presiden  Joko Widodo pada 30 Agustus 2015.

Jadwal laga perdana atau kick off Piala Presiden di tiga grup lainnya yaitu 31 Agustus (Makasar), 1 September (Malang) dan 2 September (Bandung). 

Perubahan nama dilakukan karena PSSI sudah menetapkan turnamen Piala Indonesia Satu (PIS) menjadi turnamen resmi pra musim kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2015/2016. Dengan demikian, PIS akan berubah nama menjadi Piala Presiden.

Baca juga: PSSI Minta PT Liga Gulirkan ISL Oktober, PIS Turnamen Pramusim

Sesuai dengan rencana, Piala Indonesia Satu akan digulirkan akhir Agustus 2015. PSSI sudah memberikan otorisasi kepada promotor Mahaka Sports and Entertainment untuk menyelenggarakannya.

"Piala Presiden menjadi turnamen resmi pra musim kita sebelum liga bergulir. Kita sudah berikan rekomendasikan kepada pihak Mahaka Sports sejak dua bulan lalu," kata Erwin Dwi Budiawan, Wakil Ketua Umum PSSI.

Budi menambahkan, PSSI tidak mewajibkan klub ISL untuk ikuti turnamen tersebut. Ia membebaskan klub untuk memilih sendiri turnamen yang cocok untuk melakukan persiapan.

Di sisi lain, pihak Mahaka Sport menyambut baik ajakan PSSI yang menjadi PIS menjadi turnamen pra musim ISL. Meskipun pihak Mahaka tetap menegaskan jika turnamen ini bersifat independen.

"Kami menyambut baik tawaran PSSI menjadikan turnamen sebagai ajang pramusim. Asal PSSI tidak mengubah format yang telah kami buat,"ujar CEO Mahaka, Hasani Abdul Gani.

Semula, turnamen ini menggunakan nama Piala Presiden, namun diubah menjadi Piala Indonesia Satu. 

"Setelah kami pikir-pikir, nama even tersebut bukan lagi Piala Presiden. Hal ini untuk mengantisipasi adanya anggapan jika kompetisi ini adalah ciptaan Tim Transisi (bentukan Menpora),” ungkap Hasani Abdulgani.

Kini PSSI mengakui PIS sebagai turnamen pramusim dan namanya pun kembali lagi menjadi Piala Presiden 2015.*

» Thanks for reading: Piala Indonesia Satu Berubah Nama Menjadi Piala Presiden
Sepakbola Magz Updated at: 1:39:00 PM

0 comments:

Post a Comment