Menpora Minta Polri Tak Keluarkan Izin Pertandingan ISL 2015

Posted by Sepakbola Magz on Saturday, August 8, 2015

Menpora Minta Polri Tak Keluarkan Izin Pertandingan ISL 2015
Sepakbola Magz -- Menpora Imam Nahrawi meminta pihak kepolisian agar tidak mengeluarkan izin penyelenggaraan kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2015/2016 yang rencananya digulirkan mulai Oktober 2015.

Alasannya, meski PTUN memenangkan gugatan atas SK Pembekuan PSSI, pihak Kemenpora mengajukan banding.

Seperti diberitakan Antara, Surat Kemenpora kepada Kapolri tertanggal 29 Juli 2015 ditandatangani Sesmenpora Alfitra Salam atas nama Menteri Pemuda dan Olahraga. Surat tersebut juga ditembuskan kepada Kepala Badan Intelijen Keamanan Polri serta Sekretaris Kementerian PMK.

Pada surat dengan Nomor 02574/Menpora/VII/2015 itu, pihak Kemenpora menjelaskan bahwa proses hukum yang melibatkan PSSI masih berjalan, meski pada persidangan di PTUN beberapa waktu yang lalu telah mengabulkan gugatan PSSI.

Sebagai implikasi hukum atas putusan PTUN tingkat pertama tersebut, Kemenpora telah menempuh upaya hukum banding pada Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Jakarta sebagaimana dibuktikan dengan akta permohonan banding dengan Nomor 19/G/2015/PTUN-JKT per tanggal 14 Juli.

Demi menghormati proses hukum yang sedang berlangsung, pihak Kemenpora meminta pihak kepolisian untuk tidak memberikan pelayanan dan fasilitas izin keramaian pada berbagai kegiatan keolahragaan yang diajukan oleh PSSI, mengingat putusan atas gugatan belum berkekuatan hukum tetap.

Di sisi lain, Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti mengatakan, untuk mendapatkan izin keramaian dari kepolisian dalam menjalankan kompetisi, maka PSSI perlu memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, seperti rekomendari Menpora.

"Tentu kan kompetisi harus ada rekomendasi, harus ada persyaratan, kalau persyaratannya tidak cukup tidak bisa. Sepanjang persyaratannya dipenuhi, bisa," kata Badrodin Jumat (7/8/2015) seperti dikutip inilah.com.

Dia menambahkan, salah satu syarat rekomendasi yang diperlukan ialah dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) agar mereka bisa mendapatkan izin keramaian. "Ya nanti kan ada rekomendasi dari Menpora (Imam Nahrawi) juga dari BOPI kalau enggak salah," terangnya.

Sikap Menpora yang dianggap terus menghambat bergulirnya kembali ISL mendapat tanggapan dari Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

Diberitakan sindonews.com, Umuh menegaskan, keputusan yang diambil Menpora tentunya merugikan banyak pihak. Untuk itu pihaknya berencana melakukan komunikasi untuk mengajak seluruh perwakilan klub yang terdaftar dalam kompetisi ISL mengenai nasib persepakbolaan Indonesia.

"Nanti saya akan coba berunding, meminta pendapat kepada klub-klub di bawah naungan PSSI harus seperti apa kita demi perbaikan dunia sepak bola di Indonesia ini. Kalau begini terus 'kan bisa-bisa sepak bola di Tanah Air ini mati," tegas Umuh.*

» Thanks for reading: Menpora Minta Polri Tak Keluarkan Izin Pertandingan ISL 2015
Sepakbola Magz Updated at: 1:03:00 AM

0 comments:

Post a Comment