PSSI Susun Kembali Jadwal Kompetisi ISL

Posted by Sepakbola Magz on Thursday, July 16, 2015

PSSI Susun Kembali Jadwal Kompetisi
Gugatan PSSI terhadap SK Pembekuan Kemenpora dikabulkan PTUN. PSSI Menginstruksikan PT Liga Indonesia menggulirkan kembali Kompetisi ISL 2015/2016 yang rencananya mulai Oktober 2015.

Sepakbola Magz -- Pengadilan Tinggi Tatausaha Negara (PTUN) membatalkan Keputusan Menpora tentang Pembekuan PSSI, Selasa (14/7/2015).

PTUN mengabulkan permohonan PSSI kepada tergugat (Kemenpora) untuk mencabut SK Pembekuan PSSI.

Keputusan yang dibuat dewan hakim itu dibacakan oleh Ujang Abdullah selaku hakim ketua, didampingi dua hakim anggota. "Memutuskan untuk mengabulkan permohonan pemohon (PSSI) kepada tergugat (Kemenpora) untuk mencabut SK Pembekuan PSSI," ucap Ujang Abdullah seperti dikutip detikSport.

Hakim juga ‎memutuskan untuk mencabut eksepsi dari tergugat serta mewajibkan tergugat untuk membayar denda sebesar Rp 227 ribu. 

Menyikapi keputusan tersebut, Komite Eksekutif PSSI menyebut bahwa PSSI, sebagai organisasi induk sepakbola Indonesia, telah aktif kembali.

"PSSI sebagai induk organisasi sepakbola Indonesia telah kembali ke keadaan semula. Kerenanya, Komite Eksekutif PSSI akan melanjutkan kegiatan dan program PSSI yang sempat terhenti,"

Dalam rilis PSSI yang diterima wartawan Selasa (14/7/2015), Komite Eksekutif PSSI juga memerintahkan jajaran kesekjenan PSSI menjalankan roda organisasinya sebagai berikut:

1. Menginstruksikan PT Liga Indonesia untuk mempersiapkan dan menyusun tahapan pelaksanaan Kompetisi ISL dan Divisi Utama musim kompetisi 2015/2016 yang rencananya digelar pada bulan Oktober 2015 mendatang. Sekaligus menyiapkan turnamen pra-musim sebagai bagian dari persiapan agenda kompetisi.

2. Meneruskan kembali program Football Development sebagai bagian inti dari pembinaan dan pengembangan sepakbola Indonesia. Meliputi agenda pendidikan dan pelatihan teknik, pengembangan anggota PSSI dan peningkatan infrastruktur.

3. Menyiapkan dan menyusun kembali jadwal Kompetisi Amatir dan Kelompok Umur untuk musim kompetisi 2015/2016. Meliputi Liga Nusantara, Piala Soeratin, dan U-15 Nasional.

4. Menyiapkan pembentukan official Tim Nasional dan program pemusatan latihan dengan menyesuaikan kalender kegiatan Tim Nasional.

5. Melakukan koordinasi dengan instansi pemerintah terkait dan Kepolisian RI sebagai bagian dari rencana program dan kegiatan PSSI. Komite Eksekutif PSSI juga menyikapi keputusan PTUN ini sebagai momentum yang tepat untuk mengakhiri segala bentuk aktifitas yang kontraproduktif terhadap sepakbola Indonesia. Seperti telah digagas dan disarankan oleh Wakil Presiden RI, Pimpinan DPR RI, Komisi X DPR RI, dan Komnas HAM serta masyarakat sepakbola Indonesia.

Persidangan PTUN telah memeriksa semua fakta dan pendapat saksi serta pendapat ahli dari kedua pihak, yang pada kesimpulannya telah menyatakan bahwa SK Menpora 01307 dibatalkan, berikut semua produknya.

Oleh karena itu, Komite Eksekutif PSSI mengimbau kepada Menpora untuk menyikapi dengan bijak. Bahwa keputusan ini bukanlah soal menang atau kalah, tetapi sekali lagi sebagai momentum untuk mengakhiri segala bentuk aktivitas yang kontraproduktif terhadap sepakbola Indonesia.

Untuk kemudian dapat ditindaklanjuti dengan menemukan formulasi yang tepat dalam bingkai sinergitas demi membangun sepakbola Indonesia yang lebih baik.


Sikap Persib Bandung
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, tidak ingin berkomentar banyak mengenai keputusan PTUN yang memenangkan gugatan PSSI kepada Menpora Imam Nahrawi mengenai Surat Keputusan (SK) No. 01307 pada 17 April tentang sanksi administratif berupa pembekuan PSSI.

Umuh megaku, terpenting baginya ialah bagaimana roda kompetisi Liga Indonesia bisa diputar kembali dengan perizinan yang sah.

“Saya tidak akan ikut campur kalau masalah PTUN, yang penting turnamen manapun jika dizinkan polisi kita ikuti, saya kemanapun hayu ikut, asal polisi izinkan pertandingan,” ujarnya seperti dikutip Simamaung.
"Bersatulah Menpora dan PSSI. PSSI bisa mengelola, Menpora bisa megawasi, di situ bisa ketahuan nanti sampai dimana ada kekeliruan harus dikoreksi,” ungkapnya.*

» Thanks for reading: PSSI Susun Kembali Jadwal Kompetisi ISL
Sepakbola Magz Updated at: 4:35:00 AM

0 comments:

Post a Comment