Persib Bandung Lirik Stadion GBLA untuk Venue Piala Indonesia Satu

Posted by Sepakbola Magz on Tuesday, July 28, 2015

Persib mengharapkan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) bisa digunakan untuk pertandingan Piala Indonesia Satu. Namun, perizinan dan akses jalan masuk menjadi kendala utama.

Stadion GBLA
Stadion GBLA Gedebage Bandung. (Foto: bandungaktual.com).*

Sepakbola Magz -- Persib Bandung melirik Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage Kota Bandung sebagai menjadi venue pertandingan babak penyisihan grup turnamen Piala Indonesia Satu (PIS) yang mulai bergulir 30 Agustus 2015.

Promotor PIS, Mahaka Sports and Entertainment, memilih Bandung (Persib) sebagai salah satu tuan rumah, selain Bali (Bali United Pusam), Malang (Arema Cronus), dan Makassar (PSM Makassar).

Selain Stadion GBLA, Persib Bandung menyiapkan Stadion Si Jalak Harupat yang selama ini digunakan Maung Bandung sebagai homebase. Bisa digunakan tidaknya Stadion GBLA menunggu persetujuan promotor dan perizinan.

"Kalau GBLA bisa dipakai dan semua izin terpenuhi, kita berharap bisa main di GBLA. Tapi jika memang tidak bisa, kita akan bermain di Jalak Harupat," kata Direktur Operasional PT PBB, Risha Adi Widjaya, seperti dikutip situs resmi klub.

Ia menambahkan, untuk proses perizinan penggunaan stadion, pihaknya masih harus menunggu kelengkapan perizinan seperti surat dari promotor, BOPI, dan PSSI. "Dari situ kita masuk ke izin stadion, baru masuk ke izin keamanan," jelasnya.

Kick-off PIS di Bandung dijadwalkan Rabu 2 September 2015. Sebelumnya, pihak promotor menyebutkan laga PIS di Bandung akan dimulai Sabtu 29 Agustus 2015.

Namun ketika dikonfirmasi Goal Indonesia, CEO Mahaka Hasani Abdulgani menuturkan ada pergeseran jadwal kick-off di Kota Kembang. "Kick-off di Bandung, kami geser ke tanggal 2 September," ujarnya.

PIS sedianya digelar mulai 15 Agustus 2015, namun dimundurkan menjadi akhir Agustus karena masih kekurangan peserta.

Pihak promotor menargetkan Piala Indonesia Satu diikuti sedikitnya 16 klub ISL. Namun, baru sebanyak 12 klub yang memastikan ambil bagian, yakni Gresik United, Persela Lamongan, Persib Bandung, PSM Makassar, Arema Cronus, Bali United, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Persipasi Bandung Raya, Mitra Kukar, Pusamania Borneo FC, dan Sriwijaya FC.  

Guna menarik minat klub ISL lainnya, Mahaka menaikkan jumlah hadiah menjadi Rp3 miliar buat juara. Dengan menambah jumlah hadiah, pihak promotor berharap mampu mengubah keputusan enam klub ISL yang sempat menolak untuk bergabung.

"Kalau memang klub tersebut tidak berminat, kami akan beralih ke klub lain. Yakni, dari Divisi Utama," kata Hasani.

Akses Jalan Masuk GBLA

Keinginan Persib menjadi Stadion GBLA sebagai venue pertandingan Piala Indonesia Satu terkendala perizinan dan akses jalan masuk yang belum memadai, meski Maung Bandung sudah pernah bertanding kontra Malaysia Selection di GBLA saat HUT Kota Bandung 2014.

Kasus korupsi dana pembangunan stadion yang melibatkan pejabat salah satu dinas di Pemkot Bandung juga menyebabkan Mabes Polri melarang penggunaan stadion GBLA. Mabes Polri telah menetapkan satu orang tersangka korupsi dana pembangunan Stadion GBLA, yakni Sekretaris Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya (Distarcip) Kota Bandung Yayat Ahmad Sudrajat.

Selain kasus terkait hukum, kendala utama penggunaan Stadion GBLA adalah akses jalan masuk. Pantauan Sepakbola Magz, pengerjaan akses jalan masuk stadion kini terbengkalai akibat kontraktor tidak mampu memenuhi target dan kasus korupsi.

Saat ini Stadion GBLA hanya bisa diakses lewat dua arah, yakni jalan baru yang menghubungkan stadion dengan kawasan Ciwastra-Buah Batu Kota Bandung dan Jalan Cimencrang yang notabene bukan jalan raya.

Selain akses jalan masuk, tempat parkir mobil dan sepeda motor di sekitar stadion juga belum memadai. (http://www.sepakbolamagz.com).*

» Thanks for reading: Persib Bandung Lirik Stadion GBLA untuk Venue Piala Indonesia Satu
Sepakbola Magz Updated at: 10:08:00 PM

0 comments:

Post a Comment