Persib Bandung Berpeluang Tampil di ASL 2016

Posted by Sepakbola Magz on Friday, July 31, 2015

Persib Bandung
Sepakbola Magz -- Persib Bandung dan Persipura Jayapura berpeluang mengikuti turnamen ASEAN Super League (ASL) 2016.

Menurut rencana, ajang "Liga Champions Asia Tenggara" itu digulirkan mulai Agustus 2016.

ASL 2016 akan diikuti tim sepakbola dari negara-negara ASEAN --Thailand, Indonesia, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, Myanmar, Brunei, Laos, Kamboja, dan Timor Leste-- plus Australia. Masing-masing negara diwakili 2 tim, kecuali Laos, Kamboja, dan Timor Leste yang hanya akan diwakili satu tim.

Dilansir Asia One, Sekretaris Jenderal Federasi Sepakbola Asia (AFF) Azzuddin Ahmad mengatakan, badan sepakbola dunia (FIFA) sudah memberikan restu digelarnya ASL yang diibaratkan sebagai "Liga Champions mini di kawasan Asia Tenggara".

FIFA juga tengah membuat regulasi agar juara ASL bisa mengikuti babak penyisihan grup Liga Champions Asia (ACL).

Peluang Persib Bandung dan Persipura bermain di ASL 2016 itu dikemukakan CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono. Namun, ia meragukan Indonesia ikut ambil bagian di ASL 2016 karena masih dalam sanksi FIFA.

"Jika Indonesia mendapatkan bagian, maka Persib dan Persipura Jayapuralah yang berpeluang manggung di kejuaraan antar klub se-Asia Tenggara tersebut, mengingat kedua klub ini merupakan finalis kompetisi resmi terakhir, setelah kompetisi tahun ini dihentikan dan baru direncanakan kembali bergulir Oktober 2015," kata Joko seperti dikutip Sindo News.

Keraguan senada dikemukakan Direktur Operasional PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Risha Adi Widjaya yang belum memastikan bisa-tidaknya Persib Bandung di ASL 2016.

Pasalnya, kendati ASL sudah mendapatkan restu FIFA, saat ini Indonesia masih menjalani sanksi FIFA akibat konflik Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Risha juga belum mengetahui kejelasan ASL.

"Kita juga belum tahu teknisnya seperti apa, format pertandingannya bagaimana dan perhitungan satu negara mengirimkan berapa klub juga belum tahu,"ujarnya.

ASL 2016 menjadi salah satu harapan baru bagi Persib untuk bisa kembali membentuk tim dan menggelar pertandingan, setelah Piala Indonesia Satu (PIS) yang akan bergulir 30 Agustus 2015 dan Indonesia Super League (ISL) 2015 yang dijawalkan kick off Oktober 2015.

Tim Persib Bandung yang resmi dibukarkan Juni lalu akan dibentuk kembali. Manajemen Persib berencana memanggil kembali pemain yang sudah diputus kontrak untuk membentuk tim.

Jadwal pertandingan terdekat Maung Bandung yaitu menerima undangan laga persahabatan melawan Arema Indonesia, Selasa 11 Agustus 2015, untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-28 Arema. Laga ini juga sebagai ajang pemanasan kedua tim sebelum bertanding di turnamen Piala Indonesia Satu.

Dilansir situs resmi klub, undangan Arema Cronus merupakan pemanasan sebelum bergulirnya turnamen Piala Indonesia Satu (PIS).

Daftar Negara Peserta ASEAN Super League (ASL) 2016 
  1. Australua (2 klub)
  2. Thailand (2 klub)
  3. Indonesia (2 klub)
  4. Vietnam (2 klub)
  5. Malaysia (2 klub)
  6. Singapura (2 klub)
  7. Filipina (2 klub) 
  8. Myanmar (2 klub)
  9. Brunei (1 klub)
  10. Laos (1 klub)
  11. Kamboja (1 klub)
  12. Timor Lest (1 klub)

» Thanks for reading: Persib Bandung Berpeluang Tampil di ASL 2016
Sepakbola Magz Updated at: 10:15:00 AM

0 comments:

Post a Comment