MU Terapkan Formasi 4-3-3, Rooney Penyerang Tengah

Posted by Sepakbola Magz on Monday, July 20, 2015

Wayne Rooney
Musim 2015-2016 Manchester United kemungkinan menerapkan formasi 4-3-3. Rooney sebagai penyerang tengah yang didukung Depay dan Mata atau Pedro.

Sepakbola Magz -- Pada awal musim lalu yang juga musim pertamanya di Liga Inggris, pelatih Manchester United, Louis van Gaal, menerapkan "filosofi" formasi 3-5-2 yang ternyata tidak sukses.

LvG pun sering mengubah susunan pemain dan formasi, hingga ia menemukan "formasi ideal" usai MU menaklukkan Liverpool di Anfield. Sebelumnya, dengan formasi yang sama, LvG sukses membawa MU menaklukkan Newcastle United.

Formasi tersebut menempatkan Wayne Rooney sebagai gelandang serang. Van Gaal disebut-sebut memposisikan Rooney memainkan peran yang biasa dilakukan Paul Scholes sebagai playmaker sekaligus bisa membantu pertahanan.

Namun, rupanya menempatkan Rooney sebagai gelandang tidak selalu efektif. Produktivitas gol striker Timnas Inggris itu bahkan menurun dibandingkan musim lalu.

Musim 2015-2016 LvG menyadari kekeliruannya menempatkan Rooney di tengah. Seiring keberhasilan United mendatangkan gelandang baru --Memphis Depay, Morgan Schneiderlin, dan Bastian Schweinsteiger, LvG pun menyatakan akan mengembalikan posisi Rooney dan menjadikannya sebagai penyerang tunggal, didukung dua gelandang serang haus gol --Memphis Depay dan Juan Mata atau Pedro --pemain baru yang sedang United diincar dari Barcelona.

Dilansir Independent, Rooney akan ditempatkan sebagai striker tengah dengan formasi 4-3-3. Rooney menjadi pilihan utama di posisi tersebut dengan pemain cadangan Javier "Chicharito" Hernandez dan James Wilson. 

Rooney juga menjadi opsi pertama usai Robin van Persie ke Fenerbahce dan dua pemain incaran, Edinson Cavani dan Robert Lewandowski, sepertinya tidak berhasil didapat.
Manchester United masih memiliki dua penyerang lagi yaitu pemain muda James Wilson dan pemain asal Meksiko, Javier Hernandez, yang musim lalu dipinjamkan ke Real Madrid. Tapi, Wilson dan Hernandez belum banyak diberi kesempatan oleh Van Gaal untuk menjadi pemain starter.

Jika MU berhasil mendapatkan penyerang Bacelona, Pedro, maka striker asal Spanyol itu akan diposisikan di sayap dalam formasi 4-3-3. Di Barca dan tim Spanyol, Pedro biasa bermain sebagai penyerang sayap.

Pedro akan melengkapi skuad lini depan yang kini diisi Rooney, Wilson, and Hernandez.

Untuk menjaga bila Rooney mengalami cedera, Van Gaal diperkirakan akan mencoba memindahkan posisi Depay dari sayap ke penyerang tengah. Depay menjadi pencetak gol terbanyak saat membawa PSV Eindhoven memenangi Eredivisie, divisi tertinggi di Liga Belanda, musim lalu.

Pada masa lalu, MU memiliki tradisi punya empat penyerang tengah. Pada masa Sir Alex Ferguson 1999 dan 2008 ada Dwight Yorke, Andy Cole, Teddy Sheringham, dan Ole Gunnar Solskjaer. 

Setelah itu ada Rooney, Carlos Tevez, Cristiano Ronaldo, dan Louis Saha. Dua generasi itu menghasilkan dua trofi Liga Champions. Musim lalu MU punya Rooney, Van Persie, Falcao, dan Wilson. Musim ini Falcao sudah pindah ke Chelsea dan van Persie hengkang ke Fenerbahce.

"Kami masih punya Rooney, ia bisa bermain di posisi penyerang. Juga Chicharito (Hernandez) dan mungkin Wilson," kata Van Gaal yang sebelumnya menyatakan akan memberi kesempatan kepada Chicharito setelah striker Timnas Meksiko itu kembali dari masa peminjaman Real Madrid musim lalu.

"Chicharito datang 25 Juli. Ia bisa membuktikan kapasitas dirinya lagi. Sekarang Falcao dan Van Persie sudah pergi, jadi ia punya peluang lebih baik,” katanya.

Ketika mengalahkan Club America 1-0 di Seattle, Amerika Serikat, pekan lalu, Depay dipasang sebagai pemain nomor 10 –-nomor yang biasanya dipakai penyerang-- di belakang Rooney.*

» Thanks for reading: MU Terapkan Formasi 4-3-3, Rooney Penyerang Tengah
Sepakbola Magz Updated at: 11:28:00 PM

0 comments:

Post a Comment