Kerusakan Stadion GBLA Kian Parah, Persib Gelar PIS di Si Jalak Harupat

Posted by Sepakbola Magz on Wednesday, July 29, 2015

Kerusakan Stadion GBLA Kian Parah
Sepakbola Magz -- Keinginan Persib Bandung menggelar turnamen Piala Indonesia Satu (PIS) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) tampaknya tidak akan terlaksana.

Pasalnya, kerusakan stadion bertaraf internasional di kawasan Gedebage Kota Bandung itu kian parah dan tidak layak pakai akibat dana pembangunannya dikorupsi.

Informasi kerusakan Stadion GBLA dikemukakan langsung Kabareskrim Mabes Polri Komjen Budi Waseso (Buwas) saat meninjau langsung keadaan stadion Rabu (29/7/2015).

Dengan temuan terbaru itu, Persib yang mengharapkan Stadion GBLA jadi venue PIS akan kembali menggunakan Stadion Si Jalak Harupat yang selama ini menjadi homebase. (Baca: Persib Bandung Lirik Stadion GBLA untuk Venue Piala Indonesia Satu).

Dilansir Tribun Jabar, Buwas mengemukakan, retakan dan kondisi Stadion Gelora Bandung Lautan Api makin ekstrem sehingga tak layak pakai.

"Perubahannya makin ekstrem. Ini belum ada beban tambahan. Kalau ada manusia akan berat," ujarnya kepada pers di lokasi stadion.

Dalam peninjauan untuk kedua kalinya, Kabareskrim didampingi Wakapolda Jabar Brigjen M Taufik. Ia menyusuri lokasi-lokasi retakan dan tanah ambles. Ia mengaku terkejut melihat retakan di luar stadion semakin parah.

Dikatakannya, ada sejumlah pelanggaran dalam pembangunan Stadion GBLA. Tim ahli bentukan Bareskrim Mabes Polri sudah mengambil sampel pengeboran pada lapisan tertentu konstruksi bangunan stadion berkelas internasional tersebut.

"Dalam kontrak tebalnya (plat beton) 20 sentimeter, nyatanya 13 sentimeter. Lalu dalam kontrak besinya 13 milimeter, kenyataannya 8 milimeter. Jadi ada pengurangan. Nah, ini kan sudah ada pelanggaran dilakukan dalam konstruksi," ucapnya.

Pembangunan Stadion GBLA menghabiskan  biaya Rp545 miliar dari dana patungan Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung.

Pembangunan Stadion GBLA merupakan proyek tahun anggaran 2009-2014 yang dikerjakan saat masa kepemimpinan Wali Kota Bandung Dada Rosada yang menghuni sel penjara Lapas Sukamiskin Bandung berkaitan kasus suap dana Bansos.

Menurut Buwas, berdasarkan keterangan ahli, Stadion GBLA berdiri di atas tanah tanah bergerak dan mengandung lumpur. Kondisi tersebut diperparah dengan kondisi konstruksi tidak sesuai yang mengakibatkan tanah ambles dan bagunan retak-retak. "Ahli menyebut bangunan stadion tidak layak," tegas Buwas.

Bareskrim Polri sudah menetapkan seorang tersangka dalam kasus korupsi pembangunan Stadion GBLA ini, yaitu Sekretaris Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya (Distarcip) Kota Bandung, Yayat Ahmad Sudrajat (YAS).

Bareskrim juga sudah memeriksa sejumlah saksi, termasuk Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. (http://www.sepakbolamagz.com).*
Foto: Detik.com

» Thanks for reading: Kerusakan Stadion GBLA Kian Parah, Persib Gelar PIS di Si Jalak Harupat
Sepakbola Magz Updated at: 5:40:00 PM

0 comments:

Post a Comment