Presiden FIFA Sepp Blatter Mengundurkan Diri

Posted by Sepakbola Magz on Wednesday, June 3, 2015

Presiden FIFA Sepp Blatter Mengundurkan Diri
Sepakbola Magz -- Presiden Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) Joseph "Sepp" Blatter mengundurkan diri dari jabatannya hanya beberapa hari setelah terpilih kembali sebagai presiden induk sepakbola dunia itu untuk kelima kalinya.

Blatter menyampaikan pengunduran dirinya dalam konferensi pers di markas FIFA di Zurich, Swiss, Selasa (2/6/2015).

Dilansir New York Times, presiden FIFA selama 17 tahun terakhir ini mengatakan ia akan fokus pada investigasi FBI terhadap dirinya atas dakwan korupsi.

"Saya tak akan melanjutkan jabatan ini... Saya sekarang terbebas dari ikatan pemilihan. Reformasi harus terus berlanjut," ujar Blatter.

"Sebuah Kongres Luar Biasa akan digelar untuk menunjuk pengganti saya secepatnya. FIFA membutuhkan restrukturisasi secara mendalam. Karena itulah saya akan menyerahkan jabatan kepresidenan saya."

Pengunduran diri Blatter terjadi setelah skandal baru menerpa FIFA, yaitu terungkapnya keterlibatan Sekertaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke, dalam skandal suap US$ 10 juta untuk mengamankan Afrika Selatan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2010.

Valcke telah membantah tuduhan tersebut melalui email kepada The New York Times. Ia menyatakan, mantan Komite Keuangan FIFA, Julio Grondona, adalah orang yang berwenang untuk menyetujui pembayaran tersebut.

Sebelumnya, Rabu (27/5), kepolisian Swiss telah menahan sembilan orang petinggi FIFA dan mengumumkan bahwa total 14 orang akan ditangkap karena kasus tersebut.

Blatter menjabat sebagai Presiden FIFA sejak 8 Juni 1998 menggantikan Joao Havelange.

Blatter sudah lima kali memenangi pemilihan Presiden FIFA. Terakhir, Blatter terpilih kembali sebagai Presiden FIFA setelah Pangeran Ali mundur dari pencalonan pada 29 Mei 2015.*

» Thanks for reading: Presiden FIFA Sepp Blatter Mengundurkan Diri
Sepakbola Magz Updated at: 2:39:00 PM

0 comments:

Post a Comment