PSSI Dibekukan, Ketua Umum La Nyalla Dinyatakan Ilegal

Posted by Sepakbola Magz on Saturday, April 18, 2015

PSSI Dibekukan, Ketua Umum La Nyalla Dinyatakan Ilegal
Untuk sementara ISL QNB League & Timnas Diserahkan kepada KONI dan KOI.

Sepakbola Magz -- Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dibekukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Surat pembubaran PSSI bernomor 0137 tahun 2015 ditandatangani Menpora Imam Nahrawi tanggal 17 April 2015.

Sebagai konsekuensi atas pembekuan PSSI itu, Kemenpora memutuskan menyerahkan urusan tim nasional dan kompetisi kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Pembekuan PSSI dilakukan Menpora akibat PSSI tidak mengakui rekomendasi Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) yang melarang Arema Cronus dan Persebaya Surabaya bermain di ISL QNB League 2015 karena tidak lolos verifikasi BOPI. 

Pemerintah akan membentuk Tim Transisi yang mengambil alih hak dan kewenangan PSSI sampai dengan terbentuknya kepengurusaan PSSI yang kompeten sesuai dengan mekanisme organisasi dan statuta FIFA;

Selain membekukan PSSI, Surat Menpora juga menyatakan Ketua Umum PSSI yang terpilih dalam Kongres Luar Biasa PSSI di Surabaya, La Nyalla, tidak sah.

Kemenpora memberikan sanksi administratif berupa tidak mengakui seluruh kegiatan PSSI. Menpora juga menyatakan, setiap keputusan dan/atau tindakan yang dihasilkan oleh PSSI termasuk Keputusan hasil Kongres Biasa dan Kongres Luar Biasa tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat, tidak sah dan batal demi hukum bagi organisasi, Pemerintah di tingkat pusat dan daerah maupun pihak-pihak lain yang terkait.

Pembekuan PSSI dilakukan bersamaan dengan berlangsungnya Kongres Luar Biasa PSSI di Surabaya yang diwarnai dengan aksi demonstrasi ribuan suporter Persebaya 1927 yang dikenal dengan sebutan bonek.

Ribuan bonek menggelar longmarch dan menyerbu lokasi Kongres Luar Biasa PSSI di kawasan Hotel JW Marriott Surabaya, Sabtu (18/4). 

Dalam KLB PSSI itu La Nyalla Mahmud Mattalitti terpilih menjadi Ketua Umum dengan mendapatkan suara terbanyak (92) dari total 106 suara. Syarif Bastaman memperoleh 14 suara. Muhammad Zein, Subardi dan Benhard Limbong tidak mendapatkan suara sama sekali.* 

(CNN Indonesia/Detik/Liputan6/MetroTV).

» Thanks for reading: PSSI Dibekukan, Ketua Umum La Nyalla Dinyatakan Ilegal
Sepakbola Magz Updated at: 2:49:00 PM

0 comments:

Post a Comment