Arema & Persebaya Resmi Dilarang Ikut QNB League 2015

Posted by Sepakbola Magz on Friday, April 10, 2015

Arema & Persebaya Resmi Dilarang Ikut QNB League 2015
Sepakbola Magz -- Arema Cronus dan Persebaya Surabaya secara resmi dilarang ikut serta dalam kompetisi Indonesia Super League (ISL) yang kini bernama QNB League 2015.

Larangan terebut dikeluarkan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) karena Arema dan Persebaya masuk kategori C alias tidak memenuhi syarat dalam hasil verifikasi BOPI.

Klub-klub di Kategori C diminta menyerahkan dokumen rekonsiliasi paling lambat Jumat 10 April 2015.

Dalam surat bernomor 051/BOPI/KU/TV/2015 kepada CEO PT Liga Indonesia, BOPI menegaskan Persebaya Surabaya dan Arema Chronus tak boleh menjalani kompetisi QNB League 2015.

"Dengan ini disampaikan bahwa klub-klub yang tidak direkomendasikan untuk mengikuti kompetisi ISL 2015: 1. Persebaya Surabaya, 2 Arema Cronus. Kedua klub tersebut dilarang melakukan pertandingan kandang maupun tandang untuk kompetisi ISL 2015,” demikian bunyi surat BOPI.

Sikap tegas BOPI didukung oleh surat dari Menpora Iman Nahrawi kepada Plt Kapolri, Komjen Pol Badrodin Haiti, bernomor 01138/Menpora/IV/2015, yang isinya meminta kepolisian untuk tidak memberikan izin keramaian pada pertandingan yang melibatkan dua tim di Kategori C tersebut.

surat bopi
Sebelumnya, BOPI sudah merekomendasikan agar Persebaya dan Arema tak ikut berkompetisi. Namun hal itu tidak diindahkan. Kedua tim asal Jawa Timur (Jatim) ini bisa menggelar dua pertandingan di kandang sendiri, meski tidak ada izin dari Polda Jatim.

CEO PT. Liga Indonesia, Djoko Driyono, selaku operator QNB League 2015, tetap menyatakan kompetisi akan diikuti 18 tim, termasuk Arema dan Persebaya. Djoko beralasan, BOPI hanya sebatas mengeluarkan rekomendasi, bukan larangan bertanding.

Maka dalam surat tertanggal 9 April 2014, BOPI bukan lagi memberikan rekomendasi, tapi lebih tegas berupa larangan. Dalam suratnya tertulis jelas Arema dan Persebaya Surabaya dilarang untuk melakukan pertandingan kandang maupun tandang.

"Informasi terakhir 18 klub salah, yang benar itu 16 tim menurut BOPI. Rekomendasi saja tidak kuat kata Joko (Driyono), harus ada larangan. Oleh karena itu, kami (BOPI) mengeluarkan surat larangan ikut kompetisi QNB League musim ini kepada Persebaya dan Arema," kata Ketua BOPI Noor Amman seperti dikutip inilah.com.

"Apabila dengan larangan ini mereka nekat maka akan ada sanksi. Langkah yang diambil antara lain sanksi adminstrasi peringatan pertama. Jika diabaikan PSSI, PT Liga kemungkinan sanksi admintsrasi tegas," ujarnya.

Dampak dari surat BOPI itu, QNB League dihentikan sementara hingga pelaksaaan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI dengan agenda pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan anggota Komite Eksektif PSSI tuntas dilaksanakan di Surabaya, 18 April. (Antara/Kompas/Inilah).*

» Thanks for reading: Arema & Persebaya Resmi Dilarang Ikut QNB League 2015
Sepakbola Magz Updated at: 1:10:00 PM

0 comments:

Post a Comment